GINJAL

CIRI – CIRI PENYAKIT GINJAL

ciri-ciri-penyakit-ginjal

Perlu diketahui kalo fungsi ginjal yang sehat yaitu sebagai filter. Tugasnya menyaring zat-zat yang penting bagi tubuh dalam darah dan memompanya kembali ke seluruh tubuh, dan sisanya yang harus dibuang/sampahnya itulah kita sebut urine. Kalo Ginjal sudah tidak ada fungsinya, maka zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh akan ikut terbuang bersama urine.

GEJALA.

Gejala-gejala penting yang berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal.

1.Penimbunan sampah dalam darah;

menyebabkan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit2an, gatal, kramp, mudah lupa, susah tidur, mual2, tak ada nafsu makan, daya tahan tubuh terhadap infeksi sangat berkurang.

2.Masalah keseimbangan cairan;

menyebabkan penimbunan cairan juga mengeringkan cairan. Penimbunan cairan dengan tanda2 pergelangan kaki bengkak, juga wajah membengkak. Sebaliknya tanda2 pengeringan cairan bisa dilihat dari mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.

3.Gangguan hormon;

Dengan berkurangnya daya kerja ginjal, bisa menyebabkan ginjal menghasilkan lebih banyak/ekstra hormon. Akibatnya menambah hormon tekanan darah, sebaliknya hormon2 yang lain berkurang. Ini yang menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah, juga menyebabkan tulang rapuh.

Tanda-tanda lain yang lebih nampak :

  • pembengkakan pada lengan, kaki, dan wajah. Tapi tanda2 ini tidak selalu mengarah pada sakit ginjal
  • volume air kencing yang banyak. Tapi bisa juga ini adalah tanda2 kena penyakit jantung atau penyakit gula/diabetes
  • sering buang air kecil. Bisa juga tanda2 infeksi di saluran kencing.
  • urine abnormal. Jika bau urine sangat menyengat bisa juga terkena infeksi kandung kemih, jika urine banyak berbusa berarti protein juga ikut larut/terbuang. Bila warna urine gelap atau cenderung merah berarti sel darah merah juga ikut larut.
  • sakit waktu buang air kecil *kena penyakit ginjal hampir tidak bisa diketahui dengan jelas tanda2nya* Tapi bisa juga karena tanda2 kena infeksi saluran kencing. Jika sakitnya menyeluruh hingga di daerah kelamin, bisa juga ini tanda2 kena penyakit batu ginjal.
  • tekanan darah tinggi. Berkurangnya daya kerja ginjal menyebabkan hormon tekanan darah meningkat. Sebaliknya, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Untuk lebih jelasnya, segera periksa ke dokter!

Semoga info ini bisa bermanfaat buat teman2, mungkin ada famili atau kenalan yang punya gejala/tanda2 kayak di atas, sarankan buat pergi ke dokter.

Soalnya penyakit ginjal tuh hampir tidak kelihatan simptomnya, tahu2 fungsi ginjal tinggal 30% yang berarti dalam jangka beberapa tahun harus segera cuci darah atau daftar buat transplantasi ginjal.

Menghindari rusaknya ginja

Seseorang yang diyakini mempunyai gejala sakit ginjal tidak perlu risau. Kehidupan normal masih tetap dapat dijalani dengan baik. Bahkan dianjurkan untuk tetap berolah raga dengan teratur dan makan dengan makanan yang wajar. Untuk menghindari rusaknya ginjal, Anda bisa mencegahnya melalui cara-cara berikut ini:
  1. Olah Raga. Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Olah raga yang teratur -tidak terlalu berat- akan lebih berdampak positif bagi tubuh dibandingkan dengan olah raga berat namun tidak teratur. Misalnya Anda bisa melakukan jalan santai setiap pagi atau bersepeda 1-2 jam setiap minggu.
  2. Berhenti Merokok. Dilihat dari sudah pandang manapun merokok akan selalu merugikan tubuh Anda.Karena rokok dengan kandungan nikotinnya dalam proses jangka waktu lama akan merusak organ-organ penting tubuh Anda, baik paru-paru, kulit, jantung maupun ginjal.
  3. Kurangi Makanan Berlemak. Makanan berlemak akan menyebabkan kandungan kolesterol dalam darah Anda meningkat.
  4. Berat Badan. Perhatikan berat badan sehingga Anda dapat terhindar dari obesitas.
  5. Konsumsi Air Putih. Mengonsumsi air putih yang cukup, menghidari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, menghidari konsumsi obat-obatan secara sembarangan (tanpa resep dokter) merupakan hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi potensi munculnya penyakit ginjal.
  6. General Checkup. Gagal ginjal juga dapat dicegah melalui pemeriksaan kesehatan (medical checkup) secara rutin, termasuk pemeriksaan urin dan darah. Memeriksakan gangguan ginjal seperti kencing batu, prostat dapat mecegah munculnya gagal ginjal.

Bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi, lebih riskan akan terkena penyakit ginjal!!!!

Konsultan dan untuk mendapatkan solusinya, HUBUNGI:

Walas Success

HP: 081315099504; 08999952730
PIN BB 30931B2D
E-mail: walas@dr.com

Ciri – Ciri GINJAL KRONIS.

1. Gangguan pengecapan
2. Tidak nafsu makan
3. Mual-mual dan muntah
4. Berat badan turun dan lesu
5. Gatal-gatal
6. Gangguan tidur
7. Hipertensi dan vena di leher melebar
8. Cairan di selaput jantung dan paru-paru
9. Otot-otot mengecil
10. Gerakan-gerakan tak terkendali, kram
11. Kulit kasar
12. Sesak napas dan confusion
1. Gangguan pengecapan
2. Tidak nafsu makan
3. Mual-mual dan muntah
4. Berat badan turun dan lesu
5. Gatal-gatal
6. Gangguan tidur
7. Hipertensi dan vena di leher melebar
8. Cairan di selaput jantung dan paru-paru
9. Otot-otot mengecil
10. Gerakan-gerakan tak terkendali, kram
11. Kulit kasar
12. Sesak napas dan confusion

Terima Kasih kunjungan Anda, tolong tinggalkan komentar Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s