Gondok

Gondok Biasa-Goiter Nontoksik (Pengobatan Herbal)

Gondok biasa adalah pembesaran kelenjar gondok (tiroid), yaitu kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bawah pangkal tenggorokan (depan leher). Penyakit gondok dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gondok biasa dan gondok beracun (hipertiroid). Gondok biasa tidak menimbulkan gejala yang serius, tetapi jika tidak diobati lama¬kelamaan akan menjadi gondok beracun.

Penyebab
Gondok biasa disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak dapat mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh. Juga dapat terjadi karena kekurangan kadar yodium yang menyebabkan penyakit gondok bersifat endemik.

Gejala dan tanda-tanda
Pada gondok biasa, kelenjar tiroid membesar sehingga menyebabkan leher membengkak. Jika pembengkakan menekan saluran pernapasan dan saluran pencernaan, menyebabkan sulit bernapas dan susah menelan.

Pencegahan dan perawatan
1. Gunakan garam beryodium untuk mencegah gondok yang berslfat endernik.
2. Hindari makanan yang dapat mengurangi hormon tiroksin, seperti kol, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, bayam, dan stroberi.
3. Untuk gondok yang besar dan tidak mau mengecil, sebaiknya lakukan operasi.

Pengobatan herbal

Resep 1
30 g temuputih segar
10 g sambiloto kering

a. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc can hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
b. Minum 2 kali sehari.

Resep 2
30 g benalu teh kering
30 g daun dewa segar

a. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
b. Minum 2 kali sehari.

Resep 3
25 g rumput laut che chai (Porphyra tenera) atau rumput laut hai tai/kun bu (Laminaria japonica)
a. Cuci bersih bahan, masak menjadi sup.
b. Makan sampai habis.

Catatan:
Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur. Disarankan tetap konsultasi ke dokter. Rumput laut che chai dan hai tai/kun bu dapat dibeli di take obat Tionghoa.

Daftar Pustaka
Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit Oleh Prof H. Hembing W.

47 thoughts on “Gondok

      • dari pengalaman gondok itu tidak terasa sakit pak,dan biasa aja menelan ludah seperti umumnya. ciri2nya adalah sering keluar keringat,makan terus,makin kurus,mata membesar,jika gondok dalam jika sedang emosi terlihat gondoknya,emosi terus.. puji syukur saya sudah sembuh sekarang

  1. ibu saya sekarang dirawat di sebuah rumah sakit, hasil diagnosa dokter bahwa ibu saya mengidap hipertiroid….usaha apa yg harus kami tempuh untuk membantu kesembuhan ibu saya selain obat dari rmh sakit karena saat ini ibu saya menjadi terbaring kesakitan di bagian perut (nyeri, mual dan muntah). kami berharap balasan dari dokter. trimakasih.

  2. Saya sdh med check-up, dan hslnya nihil thyroidnya, tetapi dileher saya ada benjolan yg ciri2nya sama yaitu benjolan dikiri dan kanan, walaupun msh kecil benjolannya, apa yg hrus saya minum dok? mohon sarannya…terima kasih

  3. saya di ponis hipertiroid oleh dokter dan saya sangat mengeluh pada bagian mata yg sangat tidak nyaman,mata saya terasa melotot,nyeri bengkak bagaimana solusinya terima kasih

  4. Saya mengidap gondok sejak 15 thn yg lalu,,akhir2 ini sangat mengganggu karena susah menelan,,walaupun masih kecil dan tdk nampak bgaimana solusinya

  5. saya mengidap hipertiroid,saya sudah menjalankan pengobatan 2 bulan,saya jaga meminum air rebusan CIPLUKAN,alhamdulillah hasilnya memuaskan,yang menjadi pertanyaan saya kenapa mata saya tetap sembab,padih,kadang-kadang kabur,apakah ada penyakit lain atau gimana?

  6. dokter, saya mau tanya dileher saya ada benjolan kecil tapi itu tidak membuat saya susah menelan, bernafas atwpun sakit,, apa ciri2 gondok juga bgtu??
    trimakasih atas jawabannya.

  7. dokter,,dileher sy sbelah kiri ada benjolan ttapi tdk mnggangu pernapasan dan untk menelan,,apakah gondok bsa juga dikiri atau kanan tenggorokan,,,,dok thx

  8. dokter, sya mau nanya..
    semisal, kita sudah melakukan operasi pda gondok tsb, apa setelah operasi, langsung smbuh total atau malah mncul efek negatif.
    tolong di balas ya dok..
    trimaksih.

  9. dok benjolan dileher kak ipar sdh sangat nampak, anehnya kk ipar saya takut minder sampai sekarang tdk peduli benjolan ini,,pendekatan apa yg musti kami lakukan agr kk ipar sy bersedia mengunjungi dokter ahli penyakit tersebut????

  10. dokter,saya mau tanya…ada benjolan Tepatnya di ATAS JAKUN saya… Bukan Di BAWAH JAKUN…Tetapi Tidak Mengganggu Saat Menelan,Ataupun Tidak Terasa Sakit….tepatnya di Bagian bawah dagu apakah itu Gondok atau Karena Panas Dalam??

  11. dokter, saya punya umur 19 thn dia sudah di vonis terkena thyroid, sudah test lab T3, T4 dan FT4. menurut hasilnya memang melebihi rujukan, skrg apa solusinya dok ? apakah berbahaya thyroid tersbt ? obat herbal apa yg bagus untuk anak saya dokter ?

  12. awal gejalx saya tiba2 lemas gk kuat apa,saya divonis dokter terkena gondok teroit.dan terkena jantung..saya udah i,tahun berobat tp hasilx nihil,gondok saya gk da perubahan,gmn solusinya dok agar gondok saya it hilang dr leher saya..apka hrus dioperasi atau gmn dok…..tlg diblz z dok

  13. kira-kira efek smping stlh operasi itu apa ya dok?oh ya, dok,. antra jus manggis sama kapsul nya? bguz yg mana utk di k0nsumsi.
    trmakasih.

  14. Dokter sy mau nanya sykan puny gondok tapi kecil dan tidak mengangu aktifitas sy menurut dokter sy gondok kecil dileher berbahaya atau tidak

  15. di leher saya ada benjolan masih kecil. tapi tidak ada masalahnya bagi saya. ga tau yaa ntah gimana kedepannya. sjauh ini sih blum ada. gda gangguan sama skali. itu knapa yaa ?

  16. Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Juli 18, 2013 pada 2:23 am

    mas,saya udah menderia tiroid sdh – + 6 bln lamax, yang menjd sy bngung tiroid saya ini jenis yg tidak membesar mas,minta tolong penjelasan, apakah tiroid yang besar dan yg tdk mmbsar adalah sama berabahanyanya.skrg mata saya menonjol, dan memerah dibandingin dr wktu normal..berat bdan mnurun,makan banyak.Briptu Heri Nur Insani di Polda Kalteng
    mhon solusinya mas..trims

Terima Kasih kunjungan Anda, tolong tinggalkan komentar Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s