Kista

KISTA           ……………………………………………. Penyebab Kista

Kista dapat memberikan berbagai keluhan seperti nyeri sewaktu haid, nyeri perut bagian bawah, sering merasa ingin buang air besar atau kecil, dan pada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perut. Untuk jenis kista folikel, biasanya tidak memberikan rasa nyeri. Sehingga kebanyakan penderita tidak menyadarinya. Namun, jika kista pecah, misalnya saat berhubungan seksual, penderita akan merasa nyeri yang bertambah bila melakukan aktivitas fisik berat. Tidak seperti kista folikel, kista korpus luteum umumnya memberikan nyeri hanya pada satu sisi dari perut bagian bawah. Penderita juga mengalami perubahan pola haid, misalnya terlambat haid atau pendarahan diantara periode haid. Pendarahan vagina yang hebat dan tidak teratur jika berlangsung kronik dapat berakibat pada anemia. Nyeri perut yang timbul biasanya hebat dan dapat disertai mual dan muntah. Pembesaran perut juga sering terjadi pada beberapa jenis kista yang cenderung tumbuh makin besar.

Jenis2 Kista:
Kista adalah suatu struktur abnormal seperti kantung yang bisa ditemukan di manapun di tubuh. Kista biasanya mengandung zat gas, cair, atau setengah padat dan memiliki dinding luar seperti sebuah kapsul. Kista mungkin kecil dan hanya terlihat di bawah mikroskop tetapi dapat juga berukuran sangat besar sehingga mendesak struktur tubuh normal. Kista terdapat pada berbagai jaringan dan organ dan sering dinamai sesuai lokasinya, misalnya kista kandung kemih, kista payudara, kista hati, kista ginjal, kista pankreas, kista vagina, kista kulit, kista tiroid. Kista ovarium adalah kista yang berkembang pada ovarium wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya, tetapi beberapa dapat menyebabkan masalah kesehatan dan dapat menghalangi ovulasi sehingga menyulitkan upaya kehamilan.

Jenis-jenis kista ovarium
Secara umum, ada dua jenis utama kista ovarium:

1. Kista fungsional.

Setiap perempuan memiliki dua ovarium (indung telur) yang menyimpan dan melepaskan telur. Masing-masing ovarium sebesar biji kenari dan terletak di setiap sisi rahim. Satu ovarium menghasilkan satu telur setiap bulan, dan proses ini memulai siklus bulanan menstruasi wanita. Telur terselubungi kantong yang disebut folikel. Sebuah telur tumbuh di dalam ovarium sampai hormon estrogen memberikan sinyal ke rahim untuk mempersiapkan diri menerima telur. Pada saatnya, lapisan rahim mulai menebal dan mempersiapkan untuk implantasi telur terbuahi yang mengakibatkan kehamilan. Siklus ini terjadi setiap bulan dan biasanya berakhir ketika telur tidak dibuahi. Semua isi rahim kemudian digugurkan jika telur tidak dibuahi. Proses ini disebut menstruasi.

Jika folikel gagal pecah dan melepaskan telur, cairan menetap dan dapat membentuk kista di ovarium. Dalam gambar USG, kista ovarium ini menyerupai gelembung berdinding tipis yang berisi cairan. Jenis kista ini disebut kista fungsional atau kista sederhana. Ini adalah kista yang paling umum dan biasanya menghilang secara spontan dalam satu atau dua siklus menstruasi. Wanita usia produktif dapat memiliki kista kecil di ovariumnya pada setiap saat. Kista fungsional baru menjadi masalah bila tidak hilang secara spontan setelah 2-3 bulan dan menimbulkan rasa sakit atau menghalangi kehamilan.

2. Kista organik/kista abnormal

Kista jenis ini adalah hasil pertumbuhan sel abnormal (tumor), yang umumnya jinak. Dalam kasus yang jarang terjadi, kista organik dapat menjadi kanker. Contoh kista organik adalah kista dermoid dan polikistik ovarium (PCO). Kista dermoid berisi beberapa materi tak terduga seperti jaringan lemak, rambut, gigi, potongan-potongan tulang dan tulang rawan. Polikistik ovarium (PCO) disebabkan oleh penumpukan beberapa kista kecil yang membuat hormon tidak seimbang sehingga menstruasi tidak teratur, rambut tumbuh di tubuh dan pasien menjadi tidak subur.

Gejala
Kista ovarium sering tidak disertai gejala apapun. Pada sebagian besar kasus, kista ovarium baru diketahui dalam pemeriksaan rutin dokter. Dalam kasus di mana kista ovarium menimbulkan gangguan, gejala berikut dapat muncul:

■Kembung, nyeri atau bengkak di perut.
■Nyeri saat buang air kecil.
■Nyeri di panggul segera sebelum atau setelah awal periode menstruasi
■Rasa sakit selama hubungan seksual.
■Nyeri menstruasi melebihi biasanya.
■Mual atau muntah.
■Kehilangan nafsu makan, merasa kenyang setelah makan sangat sedikit.
■Rasa sakit tumpul terus-menerus pada salah satu atau kedua sisi panggul.
■Haid tidak teratur.
■Penambahan rambut wajah.
Ketika salah satu gejala di atas dirasakan, sangat penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri. Gejala-gejala tersebut juga dapat menjadi pertanda tumor ovarium.
Diagnosis
Dokter Anda mungkin menyarankan USG panggul jika ditemukan massa mencurigakan selama pemeriksaan panggul. USG dapat mengevaluasi setiap kecurigaan kista ovarium.

Perawatan
Bila kista ovarium ditemukan, keputusan penting pertama adalah apakah kista tersebut akan hilang tanpa pengobatan. Kista fungsional diharapkan menghilang spontan dalam beberapa minggu. Bila tetap bertahan dan menimbulkan gangguan, pengobatan kista fungsional biasanya dengan pil hormon/pil KB. Dokter juga dapat memutuskan untuk mengeluarkannya dengan laparoskopi bila dicurigai ada komplikasi. Kista organik seringkali perlu dihilangkan dengan tindakan jika menimbulkan gangguan.

84 gagasan untuk “Kista

  1. da yg ingin sy tanyakan bahaya kah apa bila kista itu pecah….? apa yg harus dilakukan…& bagai mana….? trimakasih

  2. selamat malam, saya sudah menikah 2,5 thn tp sampai sekarang belum dikaruniai anak, pada bulan ke 6 dan tahun ke 1 dan tahun 1,5 saya di usg hasilnya bagus tidak ada kista, mens saya biasanya teratur tp 2 bulan terakhir ini saya terlambat haid dan terasa nyeri di sebelah kanan dan kiri bawah perut saya apakah ini bertanda ada penyakitnya, karena terus terang saya mau priksa ke dokter jadi takut. terima kasih untuk jawabannya.

  3. saya baru pulang dari pemeriksaan dokter di singapore dan hasil usg menunjukkan adanya tumor dgn nama termatoid dermoid cyst. kata dokter, isinya adalah daging, lemak dan rambut. saat ini saya sedang menunggu hasil check lab darah untuk mengecek apakah berkemungkinan menjadi cancerious berhubung papa, abang dan tante saya meninggal karena sel jahat ini, dan dicek kadar hormon testorogen. yang aneh adalah, saya rutin cek ke dokter kandungan di surabaya, terakhir adalah pertengahan juni 2012. sedangkan dokter singapore usg pada tgl 03 aug 2012 langsung ketahuan ada tumor sebesar 2cm dan menurut keterangan dokter, ini tidak tumbuh secara tiba2, kenapa dokter indonesia tidak melihat adanya benda tersebut pada bulan juni. yang menjadi pertanyaan adalah apakah tumor tersebut bertumbuh dgn cepat sehingga kemungkinan pada bulan juni belum ada dan skrg menjadi 2cm?. dokter spore menyatakan tidak ada obat untuk ini dan 1 1 nya jalan adalah melalui operasi, saya takut sekali beresiko menjadi cancer berhubung history keluarga saya adalah seperti itu. Please kindly advise. anw, report check lab saya baru akan diketahui hari selasa besok. thank you

    • Terima kasih pertanyaannya bu.

      Benar, gak mungkin ada kanker atau kista yang hanya beberapa bulan ada lalu sudah langsung membesar.
      Ibu jangan mau dioperasi.
      Saya sudah biasa membantu kesembuhan dari beberapa penyakit seperti ini.

      Klo ibu mau, bisa hubungi saya di:
      HP. +6281315099504
      PIN BB: 30931b2d
      atau bisa inbox saya melalui fb ku: walas@dr.com

      Cepat sembuh ya…
      Terima kasih.

  4. met mlm
    maaf saya mau tanya
    pada saat haid perut terasa ngilu dan sakit sampai tak tertahan
    terkadang sampai tak kuat berdiri
    apa itu juga gejala kanker ya pak

    • Selamat Malam Bu Ri_ie. Mohon maaf sebelumnya atas keterlambatan kami untuk membalas/menjawab pertanyaan Ibu.

      Itu belum tentu bu, bisa saja itu karena gejala Kista atau hal yang lain. Untuk lebih jelas, saya menyarankan Ibu untuk langsung konsultasi dengan kami melalui Telepone 081315099504 atau PIN BB 30931b2d. Dengan senang hati kami ingin membantu ibu. Terima kasih.

  5. Selamat siang..saya Lestari, seorang mahasiswi di AKBID…
    dari ciri2 yang terdapat diatas saya merasakan nyeri yg sangat hebat,sampai2 hrs berobat untuk menghilangkan nyeri tersebut. ini dimulai sejak saya kelas 3 SMP. saat kelas 3 SMA baru kambuh lagi nyeri tersebut. saya juga sering buang air kecil, sekitar 10 kali perhari. haid saya juga tidak teratur. tapi saya sudah di USG hasilnya normal kata dr.Romi.
    bagaimana dengan hal itu???tolong beri saya solusi. thanks.

    • Selamat sore Mba Lestari, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda di Blog ini.
      Menanggapi hal yang saudari alami saya menyarankan saudari untuk Menghubungi nomor saya langsung supaya konsultasinya lebih lengkap sehingga dalam memberikan solusinya dapat terpercaya. Nomor HP saya: 081315099504 atau PIN BB 30931b2d. Terima kasih.

  6. setiap hari saya mual2 terus, dan saya juga merasakan sakit pada perut bagian bawah waktu berhubungan, nyeri haid saya rsakan waktu hari pertama saja, haid saya lancar, sudah saya usg tapi dokternya hanya memonitor perut bagian kanan..tolong bantu saya…

  7. salam saya niken,saya sudah menikh,2 buln terakhir ini sya telat dtng buln setelh sya tespect hsilny negatif,knp y sya tidk prnh mrsakan nyeri apapun dibagian perut,sewaktu remja sya juga sya sring telat,sya tkut klo da penyakit ditubuh sya terima kasih

  8. saya mempunyai Krista Dengan ukuran 6, 7cm. awalnya gejalanya tidak ada, tp akhir2 ini saya sering mengalami mual, kembung, pusing, agak susah bernapas Dan cepat lelah, apa karna anemia.karna saya memang menderita anemia Dan tensi 90/70. apakah ini gejala akibat Krista atau gejala penyakit lain? apakah berbahaya?

  9. assalamualaikum..
    saya mau tanya hari ini tgl 30/10/2012,, saya merasakan ada benjolan disebelah kanan di didekat vagina,, sebelumnya saya tidak merasakan apa-apa dan tidak ada benjolan.. saya baca-baca di google,, kalau terdapat kista atau tumor..,, tp saya belum cek kedokter.. mohon solusinya, saya sangat takut sekali karne usia saya masih 20thn, dan saya juga belum menikah.. terimakasih.. mohon solusinya.

  10. siang pak, saya mau tanya2…
    saat ini saya baru hamil 5 minggu dan menurut dokter didlm rahim saya ada kistanya, itu nanti bagaimanaya ya pak dengan bayinya, tp sebelum saya di periksa dan didiaknosa ada kista, saya juga sempet preriksa 3 minggu seblm periksa ke dokter yg mendiaknosa kista. mengatakan kandungan saya baik2 aj tdk ada apa2 mang perkembangan kista itu secepat itu ya pak , terus bagaimana cara penyembuhannya biar tidak mengganggu bayi yg ada didlm kandungan saya, terima kasih

  11. aslmmualaikum pak,nama saya yos,saudara perempuan sya tadi pergi cek up ke klini,masalah nya sebulan yang lewat dia datang bulan,dan itupun lama,masanya.lbih kurang sebulan baru habis,kemari habis,terus pgi tadi datang lagi.kata nya dia sering merasakan sakit di bagian,perut,mual,dan haid nya berwarna ke coklatan.dan merasa nyeri.tetapi dia BAB nya tidak begitu seri,cma kalaw malam,dia sering buang air kecil.tadi diklinik dia di anjur kan untuk di USG.tapi saya ragu dngan hal itu pak.apakah itu termasuk kista??dan bagai mana solusi terbaik nya pak?terimakasih.

  12. Bulan Agustus 2012 ini sy baru saja menjalani operasi kista indung telur. Sebelumnya sy tidak pernah terdiagnosa mempunyai kista. tidak pernah mengalami gangguan menstruasi. Tiba2 saya merasakan keram perut yang luar biasa, sampai harus masuk UGD dgn dibopong. Ternyata setelah hasil USG 2 x, CT Scan diketahui ada kista yg pecah di indung telur sebelah kiri. ALhamdulillah hasil pemeriksaan PA jinak dan kedua indung telur msh bs diselamatkan.

  13. Selamat siang pak,
    saya medical check up (MCU) di payudara dan dokter bilang ada kista kurang dari 1 cm (2 bh di kanan dan 1 bh di kiri) saat MCU kondisi saya sedang menstruasi. Selama ini saya tidak ada keluhan kecuali 2 hari menjelang haid payudara terasa membesar dan nyeri namun jika sudah haid nyeri tersebut hilang. pertanyaan lain jika menstruasi hari pertama perut saya nyeri namun bukan nyeri biasa saja apakah ini juga merupakan kista juga?

    Terima kasih

  14. permisi… saya bulan ini terlambat datang bulan, dan ktika dtg bln sdh mncapai 5hari 5hri slanjutnya sy mrasakan nyeri di dinding atas sebelah kanan Miss V sy. itu berlangsung sdh 3hri ini. kira2 apa yang terjadi pada saya???
    mhn jawabannya. trims

  15. saya seorang ibu rumah tangga umur saya 28 tahun baru ini ada benjolan kecil di daerah bibir rahim saya tapi saya tidak merasakan sakit saya bingung itu apa terima kasih atas perhatiannya

  16. Mau tanya,klo saya ada benjolan dipayudara seperti kelereng,rasanya ngilu sekali bila tidur menghadap kanan(tempat benjolan) dan bila tak sengaja tersenggol.didiagnosa itu adl kista? Apakah itu berbahaya?

  17. Selamat siang,
    saya sudah nikah 3thun lom dikarunia anak,,, sudh kunjg ke dokter,dan di USG kata dokter diperutq ada benjolan. menurut dokter itu cairan/nanah,, sudh berkali2 kesana tapi dokter g menjelaskan itu apa..? yang saya tanyakan apakah itu kista…?? bagaimana solusinya..,? mohon jawaban trima kasih

  18. selamat malam…
    sudah 2 bulan ini mens saya g teratur bulan kmarin telat 1 minggu dan sblum mens beberapa kali perut bagian bawah saya nyeri seperti nyeri saat haid.
    bulan ini lbih parah,sya sudah telat 11 hari,dan dr 2 minggu sbelumnya saya sering merasakan nyeri d prut bagian bawah kadang sblah kanan kadang kiri.tp lbih sring d bagian kanan kadang jg d sertai sakit punggung.dan ini terjadi hmpir setiap hari 1 hari bisa beberapa kali.kadang jg cm 1 kali.kadang jg g.dan stiap kali habis brhubungn dg suami prut saya terasa sakit sekali.bisa tolong d jelaskan apa yg terjadi sm saya? apakh saya hamil,tpo sy blm tes pec karena selama ini saya selalu pake kondom kl berhubungan.atau ada kista?mohong d balas.trims

  19. saya wanita yang sudah menikah,sebelum menikah mens saya teratur,setelah menikah mengapa mens saya menjadi tidak teratur??pernah sekali saya telat hampir 2 bulan dan akhirnya mens juga.saya berobat sevara herbal dan ternyata saluran indung telur saya menyepit karena suatu kista.apakah obat yang tepat buat saya?dan apakah masih ada kesempatan untuk hamil?

  20. Permasalahan:
    -pada bulan september istri saya hamil 1bln lebih,karena kondisi tubuh tidak fit kami konsultasi ke dokter kandungan,dan kami minta agar dia di kuret,alhasil dokter menyaran kan divakum dan kami menjalani segala yang disarankan dokter,
    -pada bulan desember,istri saya mengalami pendarahan,dirawat di rs,hasil lab mengatakan tidak ada yang salah,semingu kemudian kami pulang,
    -pada bulan februari,istri saya merasa pening,sakit dibawah perut,dan mual,kami membawa ke RS,istri saya di usg,dokter mengatakan ada kista diluar rahim,sebesar telur ayam.

    Pertanyaan…
    -Apa penyebab kista pada istri saya????
    -apa sebenarnya yg terjadi pada istrisaya,mengapa bisa terjadi pendarahan padahal tidak hamil
    -selain oprasi apa obat yang bisa menyembuhkan penyakit istri saya.
    Saya harapkan jawaban yg sangat membantu,,sebelum nya saya ucapkan trim’s

  21. saya usia 22th sudah menikah,,dua bulan lalu saya mengalami keguguran dan akhirnya dkuret dan hasil USG jg menunjukan ad kista dbagian kanan atas rahim saya dgan ukuran 4cm,apakah kista saya itu bisa hilang dg sendirinya?adakah pengobatan lain?trims

  22. Saya mau tanya .. apakah Kista Pankreas yg berukuran 10cm sudah wajib operasi ??? kl ada cara penyembuhan herbal solusinya apa ?? terima kasih sebelum nya

  23. Sy Ibu rmh tngga dgn 3 anak,usia 25thn.
    Kenapa perut sy nyeri,mual,kembung,pusing,lemes,kdg susah nafas?blm test sih,tp perut nyeri trus spt k0ntraksi..pdhal jdwal mens msh lama?apa hamil?

  24. saya lita pak,saya kmren abis operasi kista endometriosis n kista folikel yg mau saya tanyakan.apakah saya msh bs hamil…..makasih

  25. Kista pasca kb implan bahaya kah? Krn menurut dokter sy itu krb saya tidak haid selama 2th..dan skrg saya tdk di beri obat untuk merangsang spy cpt haid..tp sy khawatir dgn kista sy..dokter menyarankan menunggu slm 2-3bln haid scr alami..bahaya ga ya kista saya? Lbh baik menunggu atau saya pindah dokter minta obat supaya cpt haid?

  26. permisis,, saya tutik, menikah 5bulanan tp blm ad tanda2 kehamilan, saya bingun bulan ini stelah berhubungan keluar darah bercampur air sewdikit, tapi setelah itu g ad lagi, saya pikir saya mens karna memang waktunya mendekati mens. kemudian perut kurang enak, payudara mulai sakit. apa ini berbhaya atw cuma terlmbt mens yg tdk lncar. mhon jwbanya.

  27. saya wanita dengan usia 26 tahun dan sudah menikah selama 7 tahun, tapi belum juga di karuniai anak……… dan setiap akan mens juga saat mens saya mengalami nyeri perut yang amat sangat perih, saya juga suka mual, keram kaki juga pusing, setelah saya baca ciri-ciri kista, disituch saya menemukan apah yang saya alami, dan apakah mungki saya mengidap kista sehingga sulit mempunyai keturunan, dan di saat melakukan hubungan pun, sperma suami tidak pernah masuk tetapi keluar kembali……. bagaimana sosuli ny…… terima kasih.

  28. pak saya pingin tanya…apakah penyakit kista it hanya dialami orang yang telah menikah saja ???
    gimana dengan wanita yang belum menikah pak???

  29. Asslmkm. . .
    Saya mila menikah sudah 6 bln dn akhir” ini saya sering telat haid saya pikir saya hamil ternyata tidak dn terakhir ini saya haid perut saya sakit bgt kira” kenpa ya dok?? Tolong d jawab
    makasih

Terima Kasih kunjungan Anda, tolong tinggalkan komentar Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s