Penyebab Berbagai Kanker

Penyabab dari berbagai Kanker

 Kanker adalahhttps://artikesehatan.files.wordpress.com/2013/07/bbc6f-beragam-penyebab-kanker.jpg salah satu penyakit yang menjadi musuh menakutkan bagi manusia. Hal ini lebih dikarenakan, sulitnya pengobatan dan membutuhkan biaya yang cukup mahal hingga dalam kondisi sembuh. Bahkan beberapa jenis kanker mempunyai prosentase yang sangat besar menuju kematian. Penyebab tumbuhnya kanker pada tubuh manusia sangat beragam, dan semua orang beresiko. Namun semua itu kembali kepada bagaimana kita menjalani pola hidup mulai makan, kebiasaan sehari-hari, kerutinan  berolahraga, dan gaya hidup.
Sampai saat ini Memang belum diketahui secara pasti penyebab kanker itu sendiri, karena biasanya kanker disebabkan kerena suatu komplikasi atau gabungan dari banyaknya penyebab yang ada. Namun ada beberapa faktor umum yang menjadi penyebab Kanker yang diantaranya adalah:
1. Faktor Genetika
Sebagian besar pendapat mengatakan faktor keturunan dari silsilah keluarga yang pernah menderita kanker akan memiliki tingkat resiko terhadap kanker lebih tinggi. Resiko kanker itu dapat diturunkan oleh ayah atau ibu kepada anak, dilihat dari gen yang paling banyak terdapat dalam tubuh sang anak. Kanker yang biasanya menurun pada keturunan berikutnya adalah, seperti kanker kanker serviks, payudara, kanker rahim, kanker kulit, dan gangguan fungsi ginjal.
2. Faktor Lingkungan
Keadaan lingkungan disekitar anda yang penuh dengan polusi, pencemaran udara juga akan meningkatkan resiko kanker pada tubuh anda. Sebagai contoh dilingkungan rumah seperti gorong-gorong atau saluran air yang tidak lancar, asap rokok, paparan sinar ultraviolet dari matahari, kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat kerja, sistem sanitasi juga menjadi pemicu terjadinya salah satu jenis kanker diantara kanker paru-paru, kanker mulut, kanker darah (leukemia) dan kanker kandung kemih.
3. Faktor Makanan
Makanan yang banyak mengandung lemak, kalori tinggi, bahan pewarna makanan dan bahan pengawet tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan Jenis minuman juga banyak yang menjadi penyebab kanker, seperti minuman yang mengandung alcohol dan soda tinggi.
4. Virus
Adapun virus yang harus diwaspadai untuk meminimalkan resiko kanker, adalah:
  • Human Virus Papilloma (HPV), adalah virus yang dapat ditularkan melalui hubungan intim, dapat menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) dan menjadi penyebab atau tanda awal dari kanker serviks pada wanita.
  • Sitomegalo adalah virus yang menyebabkan kanker sistem pembuluh darah yang ditandai dengan lesi kulit yang berwarna merah. Kanker ini juga sering disebut sarkoma Kaposi.
  • Virus hepatitis B merupakan gejala dari timbulnya sirosis hati atau kanker hati.
  • Virus Epstein-Bar adalah penyebab Limfoma Burkitt di Afrika jenis sedangkan di China virus ini menjadi penyebab kanker hidung dan tenggorokan. Jenis virus ini muncul dari faktor lingkungan dan genetik.
  • Virus Retro pada manusia seperti virus HIV yang menyebabkan limfoma dan kanker darah (leukemia) dan kanker lainnya.
5. Infeksi Penyebab Kanker
Infeksi juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker, karena bakteri akan lebih mudah masuk ke organ dalam tubuh. Adapun kanker yang sering muncul akibat infeksi adalah:
  • Parasit Schistosoma (bilharzia) adalah penyebab kanker kandung kemih yang disebabkan terjadinya iritasi yang bertahun-tahun pada kandung kemih sehingga menyebabkan kanker.
  • Infeksi yang ditimbulkan oleh Clonorchis pada saat infeksi menyebabkan kanker pankreas dan terganggunya saluran empedu.
  • Helicobacter Pylori adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan kanker lambung. Bakteri menyebabkan cidera atau luka dan peradangan kronis pada lambung sehingga terjadi kecepatan siklus sel pada lambung dan memicu kanker.
6. Pola Hidup tidak sehat
Pola hidup tidak sehat seperti Merokok, makan makanan yang banyak mengandung pengawet, lemak, kalori, banyak menkonsumsi minuman beralkohol, berganti-ganti pasangan atau melakukan hubungan seksual lebih dini juga akan meningkatkan resiko kanker.
7. Gangguan Keseimbangan Hormonal sebagai Pemicu Kanker Payudara
Hormone progesteron pada manusia berfungsi sebagai pelindung dari pertumbuhan sel yang berlebihan yang disebabkan oleh Hormon estrogen. Apabila wanita kelebihan Hormon estrogen maka resiko kanker payudara, kanker leher rahim dan kanker prostat.
8. Kondisi Kejiwaan
Faktor kejiwaan seperti tingkat stress dan tingkat emosional yang tinggi dapat mempengaruhi ketidakseimbangan fungsi tubuh dan membuat otot syaraf disekitar kepala dan otak menegang. Hal akan menyebabkan cairan disekitar kepala dan otak mengumpal  dan berevolusi menjadi kanker ganas.
9. Faktor Radikal Bebas
Radikal bebas adalah atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas dan tidak berpasangan di lingkaran luarnya. Adapun penyebab dari radikal bebas adalah:
  1. Terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolism tubuh.
  2. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan, minuman, udara yang terpolusi atau akibat dari sinar ultraviolet matahari.
  3. Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu anda makan berlebihan yang tentu berdampak pada proses metabolisme)atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fisik, biologis maupun psikologis.
Ringkasan:
  • Jenis Kanker yang Berbeda juga disebabkan oleh faktor-faktor yang berbeda,
  • Beberapa jenis kanker bisa dikurangi dengan pola hidup sehat,
  • Beberapa jenis virus juga menjadi pemicu terjadinya kanker.

Terima Kasih kunjungan Anda, tolong tinggalkan komentar Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s