Waktu yang Tepat untuk Hubungan Seksual saat Hamil

Gambar Berhubungan Badan Saat Hamil

Wanita atau istri anda hamil tentu bukan menjadi halangan untuk melakukan hubungan seksual bagi suami istri. Bahkan Hubungan Seksual saat Kehamilan baik dilakukan sehingga mampu memberikan kebahagiaan, meningkatkan keharmonisan keluarga, ungkapan perhatian dan kasih sayang antara suami istri. Yang perlu diperhatikan adalah Berhubungan seks saat hamil harus dilakukan dengan benar, sehingga kehamilan dapat terus berlangsung dengan aman  dan istri tetap merasa nyaman saat melakukan hubungan seksual pada saat hamil bahkan mendapatkan kepuasan. Adapun aspek yang harus diperhatikan ketika berhubungan seks saat hamil adalah:

Posisi dan Gerakan Hubungan Seksual saat Hamil muda:
  • Lakukan Hubungan badan dalam posisi yang  rileks, tidak melelahkan terutama istri
  • Jangan gunakan posisi seks yang akan bagian perut istri anda,
  • Suami  tidak boleh melakukan memasukan alat kelamin terlalu dalam.
Waktu Yang Tepat Hubungan Seksual Saat Hamil:
  • Ketika suami dan istri menginginkan untuk melakukannya,
  • Istri tidak dalam keadaan sehat dan tidak terlalu lelah, lebih dianjurkan ketika pagi hari.
Terjadi flek akibat Hubungan Seksual saat Hamil
Ketika Wanita mencapai orgasme akan terjadi sedikit kontraksi (ketegangan semacam kram ringan) pada rahim. Apabila hal ini terjadi sejak awal, maka kondisi kram yang terus menerus saat orgasme ini atau akibat aktifitas seksual yang melelahkan dapat menjadi pemicu timbulnya perdarahan saat melakukan Hubungan Seksual saat Hamil.
Bahaya Sperma untuk Janin
Cairan sperma tidak berbahaya untuk janin di dalam kandungan, kecuali apabila suami menderita infeksi alat kelamin atau  menderita AIDS. Namun Bagi Ibu Hamil yang  rawan terjadi keguguran (pernah mengalami flek),  pada kehamilan muda (trimester pertama) sebaiknya tidak menumpahkan sperma di  dalam vagina. Hal ini dikarenakan cairan sperma mengandung  zat prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi otot rahim. Sebaliknya ketika menjelang kelahiran disarankan untuk lebih sering melakukan hubungan seks, sehingga membantu merangsang kontraksi.
Cairan sperma tidak dapat mengotori bayi karena dia terlindung aman dalam kantung. Namun apabila suami menderita infeksi kelamin dan dalam pengobatan, sebaiknya gunakan kondom bila berhubungan seksual dengan istri yang sedang hamil.
Berhubungan Badan pada Awal Kehamilan sebenarnya tidak berbahaya, bahkan akan mengurangi ketegangan dan stres akibat  perubahan hormonal dalam  tubuh wanita Hamil. Namun tentu harus hati – hati melakukannya, Termasuk lebih membatasi frekuensi dalam Hubungan Seksual saat Hamil.
Larangan Hubungan Seksual saat Hamil
  • Suami Istri dilarang Berhubungan Seksual saat hamil ketika ketuban sudah pecah,
  • Suami terinfeksi HIV atau AIDS dan berhubungan seks tidak menggunakan kondom,
  • Ibu hamil mempunyai riwayat keguguran yang terlalu sering,
  • Di diagnosa plasenta previa dan mengalami perdarahan.
Dengan beberapa tips diatas semoga anda dan istri tetap bisa menikmati Hubungan Seksual saat Hamil. Namun ketika istri mengalami keluhan mules ringan terasa seperti nyeri dan kram saat haid, atau keluar flek kecoklatan atau perdarahan dengan warna merah muda sampai dengan darah segar menetes, segera periksaan ke dokter terdekat, sehingga resiko keguguran dapat dihindarkan.
Kesimpulan:
  • Berhubungan Badan Saat Hamil tetap boleh dilakukan dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi,
  • Gerakan Berhubungan Badan saat hamil harus lebih berhati-hati dan pelan-pelan,
  • Hubungan Badan saat Hamil dilarang untuk dilakukan, apabila dapat membahayakan ibu dan janin.

Tips Memebersihkan Vagina

Daerah kewanitaan lebih rentan berbau tidak sedap dan terasa gatal. Ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan vagina. Alhasil, vagina seringkali mengalami infeksi bakteri atau jamur. Ingat! Daerah kewanitaan membutuhkan perawatan khusus setiap hari. Menjaga kebersihan vagina merupakan sebuah keharusan bagi setiap wanita. Boldsky.com memberikan beberapa tips sederhana untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan Anda. Yuk simak caranya!

1. Jagalah kebersihan daerah genital dengan mencucinya setiap hari, terutama setelah buang air besar.

2. Ketika sedang mandi, Anda harus membersihkan daerah klitoris dan uretra karena mereka memiliki sekresi. Gunakan sabun khusus untuk membersihkan daerah kewanitaan Anda. Baca lebih lanjut

Solusi Memperlancar ASI

Manfaat Daun KatukDi Indonesia daun katuk sudah terkenal dikalangan ibu-ibu terutama untuk melancarkan air susu ibu (ASI), serta sebagai obat borok, bisul, demam, dan darah kotor. Selain memperlancar dan meningkatkan produksi ASI, daun katuk yang populer sebagai sayur ini bisa juga membangkitkan vitalitas seks, mencegah osteoporosis, dan mengobati macam-macam penyakit.

Khasiat Herba Daun Katuk:

1. Melancarkan air susu ibu (ASI)
2. Menyembuhkan bisul, demam, dan darah kotor
3. Membangkitkan vitalitas seks
4. Mencegah osteoporosis
5. kandungan Vitamin C Baca lebih lanjut

Gejala-gejala Kanker

Sebuah gejala adalah sinyal penyakit, penyakit, cedera, atau bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Gejala yang dirasakan atau terlihat oleh orang yang telah mereka, namun mungkin tidak mudah dilihat oleh orang lain. Sebagai contoh, menggigil, lemah, sakit, dan merasa sesak napas mungkin merupakan gejala pneumonia.

Sebuah tanda juga merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Tapi tanda sinyal yang dapat dilihat oleh seorang dokter, perawat, atau ahli kesehatan lain. Demam, pernapasan cepat, dan suara napas tidak normal terdengar melalui stetoskop mungkin tanda-tanda pneumonia.

Memiliki satu gejala atau tanda mungkin tidak cukup untuk mencari tahu apa penyebabnya. Sebagai contoh, ruam pada anak dapat menjadi tanda dari sejumlah hal, seperti poison ivy, penyakit menular seperti campak, infeksi kulit, atau alergi makanan. Tapi jika anak memiliki ruam bersama dengan tanda-tanda dan gejala seperti demam tinggi, menggigil, perasaan sakit, dan sakit tenggorokan, kemudian seorang dokter dapat memperoleh gambaran yang lebih baik dari penyakit. Dalam banyak kasus, pasien tanda-tanda dan gejala itu sendiri tidak memberikan petunjuk yang cukup dokter untuk mengetahui penyebab dari suatu penyakit. Kemudian tes medis, seperti x-ray, tes darah, atau mungkin diperlukan biopsi.

Bagaimana menyebabkan kanker tanda-tanda dan gejala? Baca lebih lanjut

BAGAIMANA TERJADINYA KANKER

Kanker adalah sel yang telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normal, sehingga pertumbuhan tidak teratur. Kanker bisa terjdi dari berbagai jaringan dalam berbagai organ. Sejalan dengan pertumbuhan dan pembiakan, sel-sel kanker membentuk suatu massa dari jaringan ganas menyusup ke jaringan di dekatnya dan bisa menyebar (metastasis) ke seluruh tubuh. Sel-sel kanker dibentuk dari sel-sel normal dalam suatu proses rumit yang disebut transformasi, yang terdiri dari tahap inisiasi dan promosi.

Pada tahap inisiasi terjadi suatu perubahan dalam bahan genetik sel ke sel ganas memancing. Perubahan dalam bahan genetik sel ini disebabkan oleh suatu agen yang disebut karsinogen, yang bisa bahan kimia, virus, radiasi (penyinaran) atau matahari. Tetapi tidak semua sel memiliki kepekaan yang sama untuk suatu karsinogen. Kelainan genetik dalam sel atau bahan lainnya, yang disebut promotor, menyebabkan sel lebih rentan terhadap suatu karsinogen. Bahkan gangguan fisik dapat membuat menahunpun sel menjadi lebih peka untuk memiliki keganasan. Baca lebih lanjut

Penyebab Kista

Penyakit Kista merupakan penyakit yang menyerang kaum perempuan. Kista sendiri merupakan benjolan yang berisi cairan yang berada di indung telur. Penyakit ini merupakan penyakit tumor jinak, karena kebanyakan penanganannya tidak melalui operasi besar. Namun berdasarkan tingkatan keganasan, penyakit kista dapat dibagi menjadi dua macam:

1. Kista non-neoplastik, yang sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan

2. Kista neoplastik, kista ini umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya

Menurut Dr. dr. T. Z.Jacoeb, SpOG-KFER, kista tidak hanya dapat tumbuh di ovariom atau indung telur wanita saja, tetapi juga dapat tumbuh di paru-paru, usus dan bahkan di otak. Penyakit kista dapat disebabkan oleh polusi udara dan debu.

Adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia yang kemudia akan membantu tumbuhnya kista. Selain itu dari faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat akan mengakibatkan zat-zat lemak tidak dapat dipecah dalam proses metabolisme sehingga akan meningkatkan hormon testosteron.

Ada 4 macam kista indung telur. Kista fungsional, dermoid, cokelat (endometriosis) dan kista kelenjar (cystadenoma). Sampai saat ini masih belum diketahui bagaimana terjadinya kista. Biasanya tumbuh sangat pelan dan sering terjadi keganasan pada umur lebih 45 tahun. Dari keempat kista ini yang paling banyak dan justru sering mengecil sendiri seiring dengan membaiknya keseimbangan hormonal adalah kista fungsional.

Penyakit kista juga dapat dikatakan penyakit degeneratif atau keturunan. Jika orang tua atau nenek anda pernah menderita penyakit kista atau mioma, maka dapat dipastikan anda termasuk salah satu keturunan pembawa sifat penyakit kista.

Namun pembawa sifat bukan berarti penderita Penyakit Kista, anda dapat mencegah timbulnya penyakit kista dengan gaya hidup sehat. Hindari makanan-makanan berlemak tinggi, rajinlah berolah raga serta konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung antioksidan. Karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas dari polusi debu dan udara.

Walau pun peynyakit kista termasuk penyakit jinak, tatapi penyakit ini memiliki potensi untuk menjadi penyakit ganas. Dan apabila sudah menjadi seperti itu maka harus ditangani serius. Meskipun toh belummganas, kista jika terplintir akan mengakibatkan rasa sakit yang sangat perih.

Beberapa gejala timbulnya penyakit kista adalah rasa nyeri sewaktu haid, nyeri perut bagian bawah, sering merasa ingin buang air besar atau kecil, dan pada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perut. Dan jika kista pecah, misalnya saat berhubungan seksual, penderita akan merasa nyeri yang bertambah bila melakukan aktivitas fisik berat.

Kanker Payudara

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Konsultan hubungi: T4 Praktek kami.

Kanker merupakan buah dari perubahan sel yang mengalami pertumbuhan tidak normal dan tidak terkontrol. Peningkatan jumlah sel tak normal ini umumnya membentuk benjolan yang disebut tumor atau kanker. Tidak semua tumor bersifat kanker. Tumor yang bersifat kanker disebut tumor ganas, sedangkan yang bukan kanker disebut tumor jinak.
Tumor jinak biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong, sel tumor jinak tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh penderita.
Lewat aliran darah maupun sistem getah bening, sering sel-sel tumor dan racun yang dihasilkannya keluar dari kumpulannya dan menyebar ke bagian lain tubuh. Sel-sel yang menyebar ini kemudian akan tumbuh berkembang di tempat baru, yang akhirnya membentuk segerombolan sel tumor ganas atau kanker baru. Proses ini disebut metastasis.
Kanker payudara termasuk diantara penyakit kanker yang paling banyak diperbincangkan karena keganasannya yang seringkali berakhir dengan kematian.
Kanker payudara akan memperlihatkan kekhasannya dalam menyerang penderitanya. Keganasan kanker ini ditunjukkannya dengan menyerang sel-sel nomal disekitarnya, terutama sel-sel yang lemah. Sel kanker akan tumbuh pesat sekali, sehingga payudara penderita akan membesar tidak seprti biasanya.
Sambil menyerang sel-sel normal disekitarnya, kanker juga memproduksi racun dan melepas sel-sel kanker dari induknya yang pecah. Racun dan sel-sel kanker itu akan menyebar bersama aliran darah. Karenanya kerap kita mendapati kanker yang tumbuh di tempat lain sebagai hasil metastasisnya. Pada kanker yang parah seringkali terjadi pendarahan
Di Indonesia jumlah penderita kanker payudara menduduki tingkat kedua setelah kanker mulut rahim.
Mengapa seseorang terkena kanker, secara medis bisa dikatakan bahwa seseorang berpeluang terkena kanker karena karsinogen, daya tahan tubuh dan aspek psikis.
Sel kanker itu terus menerus berkembang dan tidak bisa mati.
Sel kanker itu tidak bisa kembali normal (irreversible).
Cara pengobatannya : dengan pembedahan, penyinaran, dan terapi kimia.
Peluang sembuh dari sakit kanker relatif amatlah kecil bila terlambat penanganannya.
Gejala-gejala yang Menandakan Adanya Serangan Kanker payudara yang umum dapat dilihat dan dirasakan:

1.
Timbul benjolan pada payudara yang dapat diraba dengan tangan, makin lama benjolan ini makin mengeras dan bentuknya tidak beraturan
2.
Bentuk, ukuran atau berat salah satu payudara berubah
3.
Timbul benjolan kecil dibawah ketiak
4.
Keluar darah, nanah, atau cairan encer dari puting susu
5.
Kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk. Bentuk atau arah puting berubah, misalnya puting susu tertekan ke dalam

Kanker sebagai Sel yang AbnormalKanker payudara muncul sebagai akibat sel-sel yang abnormal terbentuk pada payudara dengan kecepatan tidak terkontrol dan tidak beraturan. Sel-sel tersebut merupakan hasil mutasi gen dengan perubahan-perubahan bentuk, ukuran maupun fungsinya, sebagaimana sel-sel tubuh kita yang asli.Mutasi gen ini dipicu oleh keberadaan suatu bahan asing yang masuk ke dalam tubuh kita, diantaranya pengawet makanan, vetsin, radioaktif, oksidan, atau karsinogenik yang dihasilkan oleh tubuh sendiri secara alamiah. Tetapi yang terakhir ini sangat jarang terjadi karena secara alamiah tubuh kita mampu menetralkan zat karsinogenik yang dihasilkan oleh tubuh. Bersama aliran darah dan aliran getah bening, sel-sel kanker dan racun-racun yang dihasilkannya dapat menyebar ke seluruh tubuh kita seperti tulang, paru-paru, dan liver tanpa disadari oleh penderita. Karenanya tidak mengherankan jika pada penderita kanker payudara ditemukan benjolan di ketiak atau benjolan kelenjar getah bening lainnya. Bahkan muncul pula kanker pada liver dan paru-paru sebagai kanker metastasisnya. Penderita sering batuk yang tak kunjung sembuh atau sesak napas yang berkepanjangan.
Ketika kita dinyatakan oleh dokter positif terkena kanker, reaksi yang pertama kali muncul adalah rasa takut yang luar biasa dan putus asa, apalagi jika kanker tersebut sudah masuk dalam stadium lanjut. Sebaiknya rasa takut yang berlebihan ini harus dihindari, karena rasa takut ini dapat melemahkan kita secara psikis yang akhirnya dapat menurunkan kekebalan tubuh atau daya immunitas yang secara alamiah ada dalam tubuh. Sikap pasrah dan mulai memahami kanker berikut cara pengobatan yang ingin dilakukan, akan sangat membantu dalam penanganan penyakit kanker ini.
Pencegahan Kanker payudara dapat dicegah dengan cara:

1.
Hindari penggunaan BH yang terlalu ketat dalam waktu lama
2.
HIndari banyak merokok dan mengkonsumsi alkohol
3.
Lakukan pemeriksaan payudara sendiri, setiap bulan
4.
Hindari terlalu banyak terkena sinar-x atau jenis-jenis radiasi lainnya
5.
Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Sebaiknya sering mengkonsumsi kedelai serta produk olahannya, seperti tahu, tempe, dan susu kacang kedelai, sebab kedelai mengandung phyto estrogen, yaitu genistein, yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara
6.
Lakukan olahraga secara teratur
7.
Hindari terlampau banyak makan makanan berlemak tinggi
8.
Atasi stress dengan baik, misalnya lewat relaksasi dan meditasi
9.
Makanlah lalap kunir puti (temu mangga) lebih kurang dua ruas jari setiap hari

Rasa Nyeri luar biasa pada penyakit kanker yang berkepanjangan merupakan salah satu penderitaan yang harus ditanggung oleh penderita penyakit kanker. Penanganan rasa nyeri ini, dalam dunia kedokteran modern ternyata merupakan salah satu masalah yang paling sulit diatasi. Dari pengamatan, kesulitan penanganan masalah rasa nyeri tersebut disebabkan oleh adanya faktor subyektif dan psikologis. Disamping itu sebagian obat yang digunakan untuk menanggulangi nyeri dapat menyebabkan ketergantungan terhadap obat itu dan memicu penyakit aterogenik.
Yang paling beresiko terserang penyakit kanker payudara, yaitu:

1.
Jika dalam keluarga ada penderita kanker payudara
2.
Mendapat haid pertama pada usia sangat muda, atau terlambat mengalami manepause
3.
Tidak pernah menyusi anak
4.
Kegemukan
5.
Tidak pernah melahirkan anak
6.
Pernah mendapat terapi hormon
7.
Pernah mendapat radiasi pada payudara

Hasil studi, menemukan adanya sedikit penurunan resiko serangan kanker payudara pada wanita pre-menopause yang paling lama menyusui anaknya.
Bahan-bahan yang Diduga Pemicu Kanker.Pemicu kanker pada dasarnya BELUM DIKETAHUI secara pasti, namun terdapat bahan-bahan yang diduga sebagai pemicu kanker. Bahan-bahan yang dimaksud disebut karsinogenik.Bahan-bahan yang masuk dalam kelompok karsinogen yaitu:

1. Senayawa kimia, seperti aflatoxin B1, ethionine, saccarin, asbestos, nikel, chrom, arsen, arang, tarr, asap rokok, dan oral kontrasepsi

1.
Faktor fisik, seperti radiasi matahari, sinar -x, nuklir, dan radionukleide.
2.
Virus, seperti RNA virus (fam. retrovirus), DNA virus (papiloma virus, adeno virus, herpes virus), EB virus
3.
ritasi kronis dan inflamasi kronis dapat berkembang menjadi kanker
4.
Kelemahan genetik sel-sel pada tubuh, sehingga memudahkan munculnya kanker.

Stadium Kanker PayudaraPada kanker payudara ada stadium dini (0, 1 dan 2) serta stadium lanjut (3 dan 4). Stadium 0 berarti sel kanker ada pada lapisan kelenjar susu atau saluransusu tetapi belum menyebar ke jaringan lemak sekitarnya. Pada stadium 1 dan 2, kanker telah menyebar dari kelenjar susu atau saluran susu ke jaringan terdekat disekitarnya. Pada stadium 2 kadang-kadang kanker telah mulai mengganggu kelenjar getah bening. Stadium 3 boleh dibilang kanker payudara dalam stadium lanjut lokal, dimana garis tengah tumor telah lebih dari dua inci dan seringkali telah menyebar ke kelenjar getah bening dekat payudara. Pada stadium 4 kanker telah bermetastasis, artinya kanker telah menyebar dari payudara dan kelenjar getah bening di sekitar ketiak, ke bagian lain tubuh seperti tulang, hati, paru dan otak.
Kanker pada payudara itu bisa membengkak dan pecah, kalau sudah begini bau busuk dan anyir akan keluar dari buah dada. Keluhan lain adalah sesak nafas karena kanker menekan paru-paru.
Larangan atau Pantangan Penderita Kanker Payudara.Jika kita sudah terserang kanker payudara, kita harus menghindari atau mengurangi asupan konsumsi beberapa jenis makanan. Karena ada kalanya makanan atau minuman tertentu akan memacu pertumbuhan sel abnormal, termasuk kanker payudara. Ada diantaranya yang mengandung zat tumbuh yang jika diasup akan merangsang pembesaran kanker. Ada pula yang mengandung karsinogenik akibat proses pengawetan. Dan ada pula yang jika dikonsumsi akan mengurangi efek kerja obat dalam tubuh.Beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan untuk menghindari atau dikurangi konsumsinya:

1.Tauge.  2. Vetsin. 3. Tape. 4.Es. 5.Cabai. 6. Kurangi garam. 7. Lengkeng. 8. Alkohol. 9. Nenas. 10. Sawi putih. 11. Daging merah. 12. Rokok. 13. Nangka . 14.Durian. 15. Soft drink.  16. Kangkung. 17. Ikan asin.

Anjuran dalam Masa Pengobatan Kanker Payudara.Terdapat beberapa bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Konsumsinya boleh hanya satu jenis bahan saja atau campuran dari beberapa bahan. Jika kita sedang terserang kanker payudara, dianjurkan untuk meminum jus bahan-bahan makanan berikut, lakukan dua kali satu gelas setiap hari.

1. Wortel. 2. Lobak. 3.  Pisang raja. 4. Belimbing manis.  5. Seledri. 6. BrokoliKubis. 7. Apel. 8. Bawang putih. 9. Minum juga susu kedelai setengah gelas, lakukan dua kali sehari, atau konsumsi selalu 100 gram tempe setiap hari.

Aneka Sayuran Hijau Pencegah Kanker:

1. Buncis2. 2. Daun singkong. 3. Kacang panjang. 4. Daun pepaya.

INFORMASI PENYEMBUHAN, HUBUNGI:

Waoli Lase / Walas

HP: 081315099504; PIN 30931B2D

Kanker

Kanker Leher Rahim

Tentu anda sudah tak asing lagi dengan istilah kanker servik (Cervical Cancer), atau kanker pada leher rahim. Benar, sesuai dengan namanya, kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina). Kanker ini biasanya terjadi pada wanita yang telah berumur, tetapi bukti statistik menunjukan bahwa kanker leher rahim dapat juga menyerang wanita yang berumur antara 20 sampai 30 tahun.

Memang istilah “kanker” sendiri sudah pasti memberi kesan menakutkan dan menyeramkan. Laksana seorang terpidana menerima hukuman mati.

Bagaimana pula dengan kanker leher rahim?
Apakah juga sama menakutkannya dengan beberapa kanker lainnya?
Menurut para ahli kanker, kanker leher rahim adalah salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah dan paling dapat disembuhkan dari semua kasus kanker. Tetapi, biarpun demikian, di wilayah Australia barat saja, tercatat sebanyak 85 orang wanita didiagnosa positif terhadap kanker leher rahim setiap tahun. Dan pada tahun 1993 saja, 40 wanita telah tewas menjadi korban keganasan kanker ini.

Bagaimanakah kanker leher rahim terjadi?
Layaknya semua kanker, kanker leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Tetapi sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Perubahan sel-sel tersebut biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun sebelum sel-sel tadi berubah menjadi sel-sel kanker. Selama jeda tersebut, pengobatan yang tepat akan segera dapat menghentikan sel-sel yang abnormal tersebut sebelum berubah menjadi sel kanker. Sel-sel yang abnormal tersebut dapat dideteksi kehadirannya dengan suatu test yang disebut “Pap smear test“, sehingga semakin dini sel-sel abnormal tadi terdeteksi, semakin rendahlah resiko seseorang menderita kanker leher rahim.
Memang Pap smear test adalah suatu test yang aman dan murah dan telah dipakai bertahun-tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim. Test ini ditemukan pertama kali oleh Dr. George Papanicolou, sehingga dinamakan Pap smear test. Pap smear test adalah suatu metode pemeriksaan sel-sel yang diambil dari leher rahim dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi dari sel tersebut. Perubahan sel-sel leher rahim yang terdeteksi secara dini akan memungkinkan beberapa tindakan pengobatan diambil sebelum sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi sel kanker.
Test ini hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Dalam keadaan berbaring terlentang, sebuah alat yang dinamakan spekulum akan dimasukan kedalam liang senggama. Alat ini berfungsi untuk membuka dan menahan dinding vagina supaya tetap terbuka, sehingga memungkinkan pandangan yang bebas dan leher rahim terlihat dengan jelas. Sel-sel leher rahim kemudian diambil dengan cara mengusap leher rahim dengan sebuah alat yang dinamakan spatula, suatu alat yang menyerupai tangkai pada es krim, dan usapan tersebut dioleskan pada obyek-glass, dan kemudian dikirim ke laboratorium patologi untuk pemeriksaan yang lebih teliti.
Prosedur pemeriksaan Pap smear test mungkin sangat tidak menyenangkan untuk anda, tetapi tidak akan menimbulkan rasa sakit. Mungkin anda lebih memilih dokter wanita untuk prosedur ini, tetapi pada umumnya para dokter umum dan klinik Keluarga Berencana dapat dimintai bantuan untuk pemeriksaan Pap smear test. Usahakanlah melakukan Pap smear test ini pada waktu seminggu atau dua minggu setelah berakhirnya masa menstruasi anda. Jika anda sudah mati haid, Pap smear test dapat anda lakukan kapan saja. Tetapi jika kandung rahim dan leher rahim telah diangkat atau dioperasi (hysterectomy atau operasi pengangkatan kandung rahim dan leher rahim), anda tidak perlu lagi melakukan Pap smear test karena anda sudah terbebas dari resiko menderita kanker leher rahim. Pap smear test biasanya dilakukan setiap dua tahun sekali, dan lebih baik dilakukan secara teratur. Hal yang harus selalu diingat adalah tidak ada kata terlambat untuk melakukan Pap smear test. Pap smear test selalu diperlukan biarpun anda tidak lagi melakukan aktifitas seksual.

Bagaimanakah Tanda-tanda Kanker Serviks?
Perubahan awal yang terjadi pada sel leher rahim tidak selalu merupakan suatu tanda-tanda kanker. Pemeriksaan Pap smear test yang teratur sangat diperlukan untuk mengetahui lebih dini adanya perubahan awal dari sel-sel kanker. Perubahan sel-sel kanker selanjutnya dapat menyebabkan perdarahan setelah aktivitas sexual atau diantara masa menstruasi.
Jika anda mendapatkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Adanya perubahan ataupun keluarnya cairan (discharge) ini bukanlah suatu hal yang normal, dan pemeriksaan yang teliti harus segera dilakukan walaupun anda baru saja melakukan Pap smear test. Biarpun begitu, pada umumnya, setelah dilakukan pemeriksaan yang teliti, hasilnya tidak selalu positip kanker.

Hepatitis B

Gejala Hepatitis B sulit Terdeteksi

(Jakarta) – Hati – hati dengan gejala penyakit hepatitis B, pasalnya penyakit ini tidak menunjukkan gejala seperti kena penyakit hepatitis B, maka tak heran apabila para penderitanya sama sekali tidak menyadari kalau dirinya telah menderita hepatitis B bahkan bila sudah dalam kondisi kronis sekalipun.

Contoh banyaknya pasien ditemukan tanpa gejala, dan banyak pasien yang diobati malah tak sadar bahwa dirinya sudah sakit, tentunya ini tidak berlaku bagi pasien yang sering chek up setiap tahun, tentunya kemungkinan untuk menjadi kronis tentu bisa dikurangi.

Demikian juga penderita gejala hepatitis B, penyakit ini sulit untuk tentukan gejala-gejalanya, namun hal ini bisa terdeteksi berdasarkan hasil pemeriksaan darah di labotarium. sementara gejala hepatitis B yang mungkin hadir walaupun tidak sering muncul yaitu seperti kelelahan, penurunan napsu makan, demam, diare, perubahan warna urin dan feses, mata dan warna kulit yang tampak menguning.

Seseorang akan dinyatakan positif mengalami hepatitis B oleh dokter bila telah menjalani serangkaian pemeriksaan secara klinis di laboratorium.
Dokter biasanya akan mempertimbangkan sejumlah indikator seperti HBsAg positif (antigen yang menandakan adanya infeksi) atau kenaikan enzim hati (SGOT dan SGPT).Selanjutnya, dari hasil pemeriksaan nanti, kemudian dokter akan menentukan apakah infeksi ini perlu diobati atau tidak. Sebagai contoh, tidak semua yang memiliki HBsAg positif akan diobati karena harus dilihat dulu dari kelompok mana dan harus dilihat faktor lain yang menyebabkannya.

Sementara itu, seseorang akan dinyatakan mengidap penyakit hepatisis B kronik bila ia sudah menderita atau mengidap infeksi selama lebih dari enam bulan. Diagnosa juga didasarkan pada adanya HBV DNA (indikasi replikasi virus aktif) dalam serum, kenaikan enzim hati, bukti histologis serta hasil USG yang menunjukkan proses peradangan hati.
Saat ini, pengobatan hepatiitis B tersedia dalam bentuk oral dan injeksi. Untuk pengobatan oral, pasien sepanjang hidupnya harus meminum obat yang mengganggu kemampuan virus untuk bereplikasi dan menginfeksi sel-sel hati lebih banyak lagi. Di Indonesia, tersedia 4 jenis obat oral yang mendapat lisensi FDA, yakni Entecavir, Lamivudine, Adefovir dan Telbivudine. Sedangkan melalui injeksi, pasien akan diberi interferon atau senyawa sistesis yang menyerupai zat yang dihasilkan tubuh untuk mengatasi infeksi.

Batuk

Batuk dan Pilek Ser Penyakit Balita

Waspadai penyakit batuk pilek pada balita anda

Batuk pilek adalah infeksi saluran pernafasan atas yang sering terjadi, dan bukan merupakan keadaan fatal bila tidak ada komplikasi infeksi.

Hampir semua orang pernah mengalami batuk pilek (apalagi balita), hingga beberapa kali setiap tahunnya. Serangan batuk pilek pada orang sehat biasanya dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam beberapa hari (3 – 6 hari),

Batuk pilek sangat menular dan bisa ditularkan lewat batuk, bersin, dan tangan yang tidak dicuci setelah kontak dengan cairan hidung dan mulut.

Gejala Batuk Pilek 1. Demam ringan 2. Sakit kepala 3. Batuk kering 4. Hidung tersumbat, bersin 5. Badan pegal – pegal 6. Mata berair

Penyebab Batuk Pilek Batuk pilek terutama disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan bagian atas oleh virus demam yang terdiri dari bermacam – macam jenis virus.

Komplikasi Batuk Pilek 1. Penyebab infeksi virus kerongga telinga tengah, pita suara (laryngitis), rongga tulang muka (sinusitis), atau saluran pernafasan bagian bawah (bronkhitis). 2. Infeksi saluran sekunder

Pengobatan Batuk Pilek di rumah 1. Penderita batuk pilek harus banyak istirahat. Jangan berolahraga. 2. Penderita batuk pilek harus banyak minum. 3. Sewaktu membersihkan rongga hidung, mulut penderita batuk pilek supaya dibuka untuk mencegah cairan hidung masuk kembali ke rongga sinus dan telinga tengah. 4. Beri penderita batuk pilek uap air hangat (dari air panas dalam mangkok) untuk dihisap. Hal ini berguna untuk membasahi saluran nafas dan mencairkan cairan hidung agar lebih mudah dikeluarkan. Apabila masih sukar pada air panas dapat ditambahkan sesendok teh balsam atau minyak angin untuk melonggarkan hidung yang tersumbat serta melonggarkan jalan nafas 5. Untuk mengurangi batuk dapat diberiakn obat batuk golongan bebas (lingkaran hijau) atau obat bebas terbatas (lingkaran biru) yang banyak dijual di took atau supermarket.

Tips : Jika batuk kering gunakan obat pereda batuk, sedang untuk batuk basah (berdahak) gunakan ekspektoran (obat pelancar dahak).

Jika gejala batuk pilek tidak berkurang dalam waktu lebih dari 5 hari atau bila terjadi komplikasi segera periksa ke dokter.

Diabetes

PENYEBAB DIABETES MELITUS

Pembentukan diabetes yang penting adalah dikarenakan kurangnya produksi insulin (diabetes mellitus tipe 1, yang pertama dikenal), atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes mellitus tipe 2, bentuk yang lebih umum). Selain itu, penyebab diabetes melitus dikarenakan oleh resistansi insulin yang terjadi pada wanita hamil. Tipe 1 membutuhkan penyuntikan insulin, sedangkan tipe 2 diatasi dengan pengobatan oral dan hanya membutuhkan insulin bila obatnya tidak efektif. Diabetes mellitus pada kehamilan umumnya sembuh dengan sendirinya setelah persalinan.

Pemahaman dan partisipasi pasien sangat penting karena tingkat glukosa darah berubah terus, karena kesuksesan menjaga gula darah dalam batasan normal dapat mencegah terjadinya komplikasi. Faktor lainnya yang dapat mengurangi komplikasi adalah: berhenti merokok, mengoptimalkan kadar kolesterol, menjaga berat tubuh yang stabil, mengontrol tekanan darah tinggi, dan melakukan olah raga teratur.

Batu Ginjal

Tips Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal, merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita. Selama 20 tahun terakhir, penderita batu ginjal semakin meningkat. Bukan saja terjadi di Amerika Serikat, demikian juga di Indonesia. Di Indonesia sendiri, batu ginjal merupakan salah satu penyebab utama terjadinya Gagal Ginjal Kronik (GGK).

Batu ginjal terutama dialami oleh mereka yang berusia antara 20 hingga 40 tahun. Walaupun lebih sering dialami oleh mereka yang berjenis kelamin pria, tapi akhir-akhir ini kecenderungan juga meningkat diantara kaum wanita. Saat satu atau dua batu terbentuk, maka akan mudah terbentuk batu lebih banyak lagi. Memang, penyakit-penyakit tertentu seperti infeksi saluran kemih, dan juga kecenderungan dalam keluarga, mempermudah seseorang untuk menderita batu ginjal. Tapi usaha pencegahan akan dapat menurunkan risiko batu ginjal.

Beberapa tips diberikan oleh the National Kidney Foundation dalam mencegah dan mengatasi terjadinya batu ginjal:

1. Banyak minum, terutama air putih. Jangan hanya minum saat kita merasa haus. Haus sebenarnya merupakan tanda bahwa tubuh kita sudah mengalami kekurangan cairan (dehidrasi).
2. Bila ditemukan gejala-gejala seperti nyeri pada daerah pinggang, disertai mual dan muntah, air seni terlihat kemerahan, lebih sering berkemih, kadang dapat disertai dengan demam, ini dapat merupakan gejala dari batu ginjal. Cepatlah periksa ke dokter.
3. Untuk mendiagnosa batu ginjal, dokter biasanya melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium untuk darah dan air seni, USG, atau ronsen khusus dengan IVP (Intra Venous Pielography) yang dapat melihat keadaan batu di dalam ginjal.
4. Batu yang kecil dapat keluar dengan sendirinya. Pengobatan yang lebih lanjut diperlukan jika batu tersebut berukuran besar, terjadi gangguan dalam keluarnya air seni, infeksi, perdarahan terus menerus atau bahkan kerusakan ginjal bila tidak segera diatasi.

Organ Hati
Hati adalah organ dalam kita yang terbesar. Pada orang dewasa beratnya mencapai kira-kira 1,3 kg. Terbagi atas 2 lobus, kiri dan kanan. Selain besar dalam ukuran, organ hati juga punya peranan hebat. Ia terlibat dalam proses pencernaan, berperan dalam ratusan reaksi kimiawi tubuh yang berbeda, dan juga berfungsi sebagai organ penyimpan.

Fungsi utama hati adalah mengumpulkan darah dari saluran cerna melalui sirkulasi hepatik dan memasukkan berbagai substansi kimiawi tubuh ke dalamnya sebelum dialirkan kembali ke bagian tubuh lain. Substansi kimiawi tersebut dihasilkan oleh jutaan sel hati yang dikenal dengan nama hepatosit. Hepatosit memang ?terendam? dalam genangan darah yang berasal dari saluran cerna. Dengan cara itulah terjadi pertukaran substansi antara darah dan sel hati.

Fungsi organ hati belum sepenuhnya dipahami.
Beberapa fungsi dari organ tersebut ialah:

1. Pengaturan kadar gula darah
2. Metabolisme lemak
3. Metabolisme protein
4. Penyimpanan vitamin
5. Penyimpanan mineral
6. Produksi empedu
7. Detoksifikasi
8. Pendauran hormon

Jantung

Menilai Faktor-faktor Resiko Penyakit Jantung Pada Seseorang

Faktor resiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian antara usia pertengahan dan usia lanjut dan diantara wanita usia diatas 60 tahun. Oleh sebab itu ketahuilah faktor resiko penyakit jantung pada diri anda yang bisa menjadi sebab penyakit jantung untuk melakukan pengendalian terhadap faktor-faktor tersebut sehingga dapat melakukan pencegahan dari terjadinya penyakit jantung. Berikut faktor-faktor resiko penyakit jantung:

* Faktor Usia
* Faktor Keturunan
* Faktor tekanan darah tinggi
* Faktor kolesterol tinggi
* Faktor perokok
* Faktor diet yang jelek
* Kelebihan berat badan dan aktifitas yang kurang.
* Faktor masalah kesehatan lain seperti diabetes.

Perhatikanlah gaya hidup anda, riwayat penyakit keluarga (faktor keturunan) dan kesehatan anda secara umum. Dengan informasi ini anda dan dokter dapat menilai atau menaksir apa saja faktor-faktor resiko yang anda punyai dan buatlah suatu rencana untuk mentackle masalah-masalah potensial.

Faktor usia
Resiko yang paling besar untuk terserang penyakit jantung adalah pada laki-laki dengan usia lebih dari 45 tahun dan pada wanita usia lebih dari 55 tahun. Meskipun anda tidak bisa berbuat banyak karena faktor usia yang tidak bisa dikendalikan, anda dapat merubah atau mepengaruhi faktor-faktor resiko lain dibawah ini.

Faktor Keturunan
Anda tidak dapat merubah faktor keturunan atau riwayat penyakit jantung pada keluarga. Faktor keturunan patut untuk anda cemaskan, karena merupakan hal yang penting untuk anda ketahui apakah penyakit-penyakit yang terjadi dalam keluarga anda dan menceritakannya pada dokter. Bicarakanlah dengan anggota keluarga anda (orang tua, kakek, nenek, saudara kandung, tante, paman) tentang siapa saja yang pernah terkena serangan jantung, stroke atau masalah kesehatan serius lainnya. Dengan informasi-informasi tersebut akan menjadi pertimbangan dokter dalam merekomendasikan test-test pemeriksaan untuk mendeteksi dan pengobatan yang sifatnya pencegahan yang tepat dan sesuai.

Faktor kolesterol
Jika anda tidak mengetahui kadar kolesterol darah anda, tanyakan dan mintalah kepada dokter jika hal itu sebaiknya di lakukan pemeriksaan. Untuk mengurangi dan mencegah kadar kolesterol yang tinggi, batasi banyaknya kolesterol dan lemak yang anda makan serta lakukan latihan olah raga secara teratur. Beberapa orang yang mepunyai kadar kolesterol tinggi mungkin memerlukan konsumsi obat-obatan untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap berada dibawah kontrol. Tanyakan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai jika ternyata hasi pemeriksaan kolesterol darah anda melebihi dari kadar kolesterol normal.

Faktor tekanan darah
Jika tekanan darah anda tinggi, maka mengurangi berat badan, latihan olah raga teratur, hilangkan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi sodium dan garam serta alkohol pada beberapa kasus akan dapat membantu menurunkan, mengurangi dan mengontrol tekanan darah tinggi. Beberapa orang mungkin memerlukan pengobatan untuk mengontrol atau mengendalikan tekanan darah mereka (lakukan test pengukuran tekanan daran dan konsultasikan dengan dokter obat yang tepat jika anda menderita hipertensi.

Faktor merokok
Berhenti merokok (baca juga cara-cara berhenti merokok) adalah satu-satunya cara terbaik untuk kesehatan anda. Bicarakan dengan dokter anda tentang bagaimana berhenti dan selalu bebas dari produk tobacco (tembakau). Jika anda berada pada lingkungan perkok, hanya sekedar menghisap asapnya saja dapat juga mempengaruhi kesehatan anda. Anjurkan 0rang-orang di sekeliling anda yang merokok untuk berhenti merkok.

Faktor Diet
Diet yang tinggi lemak dan kolesterol mepunyai keterkaitan dengan penyakit jantung dan terkait juga dengan banyak sekali masalah kesehatan lain. Lemak dan kolesterol dapat mengeraskan, menyempitkan dan mengakibatkan penyumbatan pada arteri-arteri. Diet yang sehat adalah diet dengan tinggi serat dan rendah lemak.

Setiap harinya cobalah untuk makan dengan diet:

* 6-8 ons dari roti, atau biji-bijian seperti gandum dan nasi
* 3,5 -5 cangkir buah segar atau sayur-sayuran yang dibekukan.
* 3 cangkir susu tanpa lemak (susu skim), atau yougurt rendah lemak atau keju rendah lemak
* 5-6,5 ons dari daging yang tidak berlemak atau daging unggas, ikan, kacang-kacangan atau putih telur

Sebagai tambahan, gunakan mentega, margarin dan minyak untuk memasak secukupnya saja. Anda mungkin juga perlu menghindari makanan-makanan yang tinggi sodium dan garam yang dapat meningkatkan tekanan darah anda. Sodium ditemukan pada garam dapur dan beberapa makanan siap saji terutama makanan kaleng

Walaupun beberapa penelitian menyarankan bahwa alkohol dapat membantu melindungi melawan penyakit jantung, pemakaian yang tidak berlebih-lebihan adalah kuncinya.

Faktor Berat badan
Berat badan yang berlebihan memberikan tegangan atau beban ekstra pada jantung dan pembuluh darah. Untuk membantu anda menurunkan berat badan secara bertingkat dan menjaganya agar tidak bertambah maka lakukan olah raga secara teratur, kombinasikan dengan diet tinggi serat dan diet rendah lemak. Konsultasikan dengan dokter tentang cara yang aman untuk menurunkan berat badan anda.

Faktor Latihan olah raga
Latihan olah raga secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Dengan olah raga teratur, anda akan selalu merasakan lebih sehat dan menjaga berat badan anda agar tetap selalu terkontrol. Jika anda sebelumnya tidak pernah melakukan olah raga atau anda mempunyai masalah kesehatan, bicarakan hal tersebut dengan dokter sebelum anda memulai latihan olah raga. Latihan olah raga 30-60 menit tiap hari, 4-6 kali dalam satu minggu adalah sasaran yang anda capai, tetapi berapapun jumlahnya sudah lebih baik daripada tidak sama sekali.

Faktor masalah kesehatan lain
Beberapa masalah kesehatan seperti diabetes atau DM (diabetes militus) dapat menjadi konstribusi timbulnya penyakit jantung. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter ahli untuk mendapatkan anjuran yang tepat untuk diri ada pribadi.

Asma

Asma

Asma merupakan penyakit yang menyerang akibat tubuh akibat rentan terhadap sesuatu zat tertentu, serbuk, bulu binatang, bulu binatang, uap, bau, makanan, obat atau kuman-kuman dalam hidung dan tenggorokan. Serangan penyakit ini lebih sering terjadi pada penderita yang atau sedang mengalami tekanan emosi hebat, serta pada saat bergantian musim.

Perkembangan ini dapat berkembang secara berangsur-angsur dari golongan bronchitis atau secara tiba-tiba terjadi ketika seorang terpapar zat yang meransang.pederita mula-mula mengalami perasaan tertekan didada (sesak napas), berkeringat, detak jantung semakin dekat, stress berat, gelisah, napas semakin sesak, dan bunyinya semakin keras. Jika jumlah oksigen dalam darah menipis dapat menyebabkan Cyanosis (diskolorasi kebiruan) wajah, bibir dan kulit menjadi pucat, berkeringat dan akibatnya bisa fatal. Pada akhir serangan, penderita mengeluarkan lender yang kental.

Untuk mengatasi asma, perlu mengetahui penyebabnya, sehingga penyakit dapat dicegah. Misalnya : bila bau sampah menjadi penyebab, pencegahannya jauhilah tempat-tempat sampah. Bila makanan tertentu menjadi penyebab, maka hindarilah mengkonsumsi makanan tersebut.

Asma dan Cara Mengendalikannya

ASMA atau yang sehari-hari dikenal dengan bengek atau mengi,merupakan salah satu penyakit kronis terbanyak pada saluran napas yang dapat sembuh spontan maupun dengan pengobatan, baik secara sempurna maupun sebagian.

Di seluruh dunia, terdapat sekitar 300 juta orang penderita asma dan angka itu masih akan terus meningkat,terutama pada anak-anak.Di Indonesia sendiri,penderita asma didapatkan berkisar pada angka 5–6% penduduk, sebanyak 10% di antaranya merupakan asma berat yang sering memerlukan penanganan darurat. Asma adalah suatu penyakit yang timbul karena adanya proses peradangan atau inflamasi kronik pada saluran napas. Dengan demikian, penderita asma dapat memberikan gambaran klinis berupa episode batuk berulang, suara napas ngikngik (mengi), dada terasa tegang, dan kesulitan atau sesak bernapas, terutama pada malam sampai pagi dini hari.

Reaksi awal pada asma sering kali timbul pada 15–30 menit pertama,setelah terpapar benda asing (alergen), berupa rasa sesak yang datang tiba-tiba diikuti reaksi asma lambat,yang terjadi dalam 6–12 jam kemudian. Reaksi asma lambat ini dapat berlangsung untuk beberapa hari. Pada prinsipnya, asma diderita orangorang dengan dasar bawaan bersifat alergi (atopi). Dengan begitu, mudah bereaksi terhadap paparan alergen,yakni proses peradangan di saluran napas akan menetap, walaupun gejala-gejala asma sudah menghilang.

Benda-benda atau kondisi yang dapat mencetuskan terjadinya serangan asma, antara lain debu rumah, makanan tertentu,bulu binatang,jamur,tepung sari bunga,obat-obatan,bahan-bahan tertentu dari lingkungan kerja. Selain itu, polusi udara,perubahan cuaca atau kelembapan udara, pengawet atau pewarna/penyedap makanan, stres fisik maupun psikis, serta infeksi terutama di saluran napas. Saluran napas pada orang atopi bersifat sangat peka atau hipersensitif terhadap sebagai akibat proses peradangan yang ada, saat dinding saluran napas akan menjadi sembab dan saluran napas menyempit serta terisi riak atau lendir dalam jumlah banyak.

Perkembangan bidang kedokteran yang pesat membuat penanganan asma saat ini sudah sedemikian maju, dengan adanya obat-obatan yang dapat meredakan maupun mengendalikan gejala.Maka itu, para penderita asma sangat mungkin hidup nyaman tanpa ada episode serangan berulang yang berat dan penggunaan obat seminimal mungkin.Kunci utama dari penanganan asma adalah “pencegahan”agar asma selalu dalam keadaan terkontrol, yaitu menghindari kontak dengan faktorfaktor pencetus serangan, menggunakan obat sesuai jenis, indikasi, dosis, cara, dan waktu pemberiannya.

Di samping itu, melakukan pencegahan dini mulai bayi––semenjak dalam kandungan. Salah satu metode yang digunakan dalam pengendalian asma adalah imunoterapi (debu rumah dan tepung sari bunga) agar tingkat kepekaan penderita asma berkurang. Itu dilakukan melalui penggunaan alergen dengan dosis tertentu yang disuntikkan atau dalam bentuk tablet dan diletakkan di bawah lidah,bahan tumbuhtumbuhan (phylantus n), probiotik (lactobacillus dan bifidobacterium), dan imunisasi BCG yang diberikan sebulan sekali selama tiga kali berturut-turut sebagai imunomodulator (meningkatkan daya tahan tubuh terhadap alergi dan infeksi), yang dapat diulang selang waktu enam bulan sampai satu tahun kemudian.★

Prof Dr EA Datau SpPD-KAI FAAAI Divisi Alergi & Imunologi Klinik Bagian/SMF Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi/RSU Prof Dr RD Kandou Manado-Sulawesi Utara

Anemia

Kenali Dan Cegah Anemia

Dalam bahasa sehari-hari, penyakit anemia disebut kurang darah. Cegahlah penyakit ini, sebelum menjadi semakin parah Karena dapat merusak organ-organ tubuh karena kekurangan suplai oksigen. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang anemia.

Kenali dan cegah anemia, Anemia itu apa? Anemia terjadi ketika darah kita kekurangan hemoglobin (Hb) yang bertugas membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Apa penyebabnya? Anemia kekurangan zat besi: ini anemia yang sangat sering ditemui. Tubuh memerlukan zat besi untuk memproduksi Hb. Sumber-sumber besi pada makanan ada 2 bentuk, yang Heme dan yang non-Heme.

Yang Heme mudah sekali diserap seperti daging sapi, hati, telur, daging ayam dan daging merah. Sedangkan yang non-Heme terdapat pada sayur-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, buncis dimana zat besi tersebut tidak dapat langsung diserap oleh tubuh dan harus diubah dulu oleh usus agar mudah diserap.

Anemia megaloblastik (Kekurangan Vitamin). Anemia terjadi jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B-12. Tubuh mempunyai sel darah merah yang tidak mengangkut oksigen dengan baik.

Akibat komplikasi, beberapa penyakit bisa mengganggu produksi sel darah merah. Misalnya, penderita penyakit ginjal yang melakukan dialisis (membuang zat sisa dengan bantuan melakukannya). Ginjal mereka tidak mampu memproduksi cukup hormon untuk membuat sel darah merah, dan zat besi banyak terbuang dalam proses dialisis.

Penyakit darah turunan. Salah satu jenis penyakit turunan yang membuat anemia adalah kelalaian bentuk sel darah merah (sickle cell anemia). Tubuh akan menghancurkan sel darah merah yang tidak normal ini namun tidak cukup cepat memproduksi sel baru sehingga anemia muncul.

Thalasemia merupakan penyakit darah yang diturunkan yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh memproduksi sel darah merah.

Anemia aplastis. Adalah penyakit yang jarang terjadi dimana sumsum tulang belakang tidak memproduksi sel darah merah yang cukup. Kondisi tersebut akan mempengaruhi jumlah sel darah putih sehingga akan rentan terhadap infeksi dan perdarahan yang tidak bisa dihentikan.

Apa gejala anemia? Gejala yang umum terjadi bisa kelihatan pucat pada bibir atau ujung jari tangan. Gejala lainnya adalah cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi lama, dan bahkan mudah lupa.

Bagaimana mendiagnosanya? Anemia didiagnosis melalui tes darah. Normalnya nilai Hb pada anak-anak 11-12 g/dl dan pada saat dewasa menjadi 13-14 g/dl.

Bagaimana mencegah anemia? Untuk mencegah kekurangan zat besi, sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan zat besi yang mencukupi. Sementara itu, mengatasi anemia yang penting adalah mencari dulu penyebabnya.

Bila penyebabnya telah diobati, penyakit anemia akan sembuh dengan sendirinya. Selain zat besi, konsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B-12. Perhatikan asupan kalsium, kopi dan teh yang berlebihan karena zat-zat ini menghalangi penyerapan zat besi.

Asam Urat

Pengertian Asam Urat

Asam urat adalah senyawa sukar larut dalam air yg merupakan hasil akhir metabolisme purin. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yukni makanan dari tanaman (sayur, buah, kekacangan) atau hewan (daging, jeroan, ikan sarden). Juga dalam minuman beralkohol dan makanan kaleng.

Bagaimana cara mengukur kadar asam urat dalam darah ?
Dengan pemeriksaan darah di laboratorium klinik. Di laboratorium, darah dipisahkan antara sel darah dan serum darah. Pemeriksaan asam urat sendiri dilakukan terhadap serum darah. Kadar asam urat normal untuk pria dewasa berkisar 3,5-7,0mg/dl dan untuk wanita 2,6-6,0mg/dl. Apabila kadar asam diatas angka normal, kondisi ini disebut hiperurisemia.

Apakah penyebab terjadinya hiperurisemia?
Hiperurisemia terjadi karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam metabolisme atau penurunan ekskresi (pengeluaran) asam urat dari dalam tubuh melalui ginjal dalam bentuk urine

Apa akibatnya bila seseorang menderita hiperurisemia ?
Asam urat yang terkumulasi dalam jumlah besar di dalam darah akan memicu pembentukan kristal berbentuk jarum. Kristal-kristal itu biasanya terkonsentrasi pada sendi, terutama sendi perifer (jempol kaki atau tangan). Sendi2 tersebut biasanya menjadi bengkak, kaku, kemerahan, terasa panas, dan nyeri sekali. Hiperurisemia terkadang disertai komplikasi artritis gout (radang sendi).

Apa saja gejala artritis gout ?
Tidak dapat berjalan atau memakai sepatu (bila menyerang kaki) dan tidur terganggu. Rasa nyeri mencapai puncaknya dalam 24 jam sejak pertama timbulnya gejala, dan akan hilang sama sekali setelah beberapa jam kemudian. Jika disertai hiperurisemia dan tidak segera ditangani akan berkembang menjadi artritis gout menahun.

Bagaimana cara mengurangi kadar asam urat dalam darah ?
Hindari mengkonsumsi bahan makanan golongan I (lihat bawah) dan batasi yang dari golongan II. Batasi konsumsi lemak untuk mencegah kegemukan. Bila bobot badan berlebih, turunkan bertahap karena kegemukan cenderung disertai peningkatan kadar asam urat akibat makan berlebih yang didalamnya termasuk sumber purin. Minumlah air putih dalam jumlah cukup agar volume urine bisa lebih atau sama dengan 1ml/menit. Hindari alcohol karena mengandung prin dan menurunkan ekskresi asam urat.

Adakah tanaman obat yang bisa mengatasi hiperurisemia ?
Ada. Salah satunya adalah buah mengkudu. (Morinda Citrifolia) . Buah ini dipercaya memiliki khasiat sebagai pengurang rasa nyeri dan
antiinflamasi alamiah. Ekstraknya dapat menghambat enzim
siklooksigenase-2(COX-2) yang akan menyingkirkan penimbul rasa nyeri, prostaglandin (PGE). Ia juga mengandung senyawa scopoletin yang memiliki sifat antiinflamasi.

Buah Mengkudu belum dilakukan uji coba baik secara klinikal mau pun
blind study, terutama utk buah buah hasil yg dilakukan diluar buah yg di Hawaian. Noni atau Mengkudu memang mengandung bahan anti inflamasi, serta anti oksidant, tetapi sangat bereaksi dg kelompok dg type golongan darah O dan A. Jadi tdk hanya dipercaya tetapi uji kilinis dan uji blind sdh dilakukan dg noni Hawaiana, tetapi noni Indonesia saya kira belum.

TIGA KELOMPOK BAHAN MAKANAN Untuk Mencegah Asam Urat:

Golongan I (150-1000mg/100g):
TIDAK BOLEH dikonsumsi bila menderita hiperurisemia (asam urat): Jerohan; Otak; Udang; Remis; Kerang; Ikan Sardin; Ikan Haring; Kaldu Daging; Tape (ragi); Alkohol; Makanan Kaleng; Emping; Belinjo

Golongan II (50-100mg purin/100g):
Boleh dikonsumsi TERBATAS bila menderita hiperurisemia:
Ikan Selain gol I; Daging Sapi; Kacang2an; Kembang kol; Bayam
Asparagus; Buncis; Jamur; Daun Singkong; Daun Pepaya; Kangkung

Golongan III (<50 purin/100g):
BOLEH dikonsumsi: Sayur Selain gol II; Susu; Telur; Buah

Informasi Penting :
Setelah menopause, kadar asam urat pada perempuan akan meningkat. Dari berbagai penelitian terungkap, asam urat juga merangsang sistem renin angiotensin, sehingga memacu peninggian tekanan darah. Bila mendatangi dokter sat menderita hiperurisemia, biasanya Anda akan diberi obat Allopurinol, yakni obat antimetabolit yang menghambat sintesis asam urat. Obat ini akan menimbulkan efek sampingan berupa mual, muntah dan diare. Bukan cuma itu, tetapi juga gangguan keseimbangan

Tiphus/Tipes

Pengertian
Tipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus)

Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Dalam masyarakat penyakit ini dikenal dengan nama Tipes atau thypus, tetapi dalam dunia kedokteran disebut TYPHOID FEVER atau Thypus abdominalis, karena berhubungan dengan usus pada perut.

Diagnosis

Untuk mengetahui penyakit tersebut lakukan pemeriksaan laboratorium seperti :
-Terjadinya penurunan sel darah putih
-Anemia rendah karena pendarahan pada usus
-Trombosit menurun
-Menemukan bakteri salmonella typhosa pada kotoran, darah, urin
Peningkatan titer Widal

Reaksi Widal merupakan test imunitas yang ditimbulkan oleh kuman Salmonella typhi/ paratyphi, yaitu kuman yang terdapat di minuman dan makanan kita yang terkontaminasi dengan tinja orang yang sakit. Dikatakan meningkat bila titernya lebih dari 1/400 atau didapatkan kenaikan titer 2 kali lipat dari titer sebelumnya dalam waktu 1 minggu.

Pada pemeriksaan fisik dapat ditemui bradikardi (denyut melemah) relatif, pembesaran limfa, tegangnya otot perut, dan kembung. Serta, periksakanlah apakah kandung empedu anda tidak mengalami peradangan menahun karena bakteri Tipes dapat menempati kandung empedu.

Gejala

Gejala yang dialami penderita Tipes dapat diuraikan menjadi berikut ini :

– Panas badan yang semakin hari bertambah tinggi, terutama pada sore dan malam hari. Terjadi selama 7-10 hari, kemudian panasnya menjadi konstan dan kontinyu. Umumnya paginya sudah merasa baikan, namun ketika menjelang malam kondisi mulai menurun lagi.

– Pada fase awal timbul gejala lemah, sakit kepala, infeksi tenggorokan, rasa tidak enak di perut, sembelit atau terkadang sulit buang air besar, dan diare.

– Pada keadaan yang berat penderita bertambah sakit dan kesadaran mulai menurun.

Pencegahan

Penyakit Tipes dapat ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman Tipes , Salmonella typhosa, kotoran, atau air kencing dari penderita Tipes.

Bila anda sering menderita penyakit ini kemungkinan besar makanan atau minuman yang Anda konsumsi tercemar bakterinya. Hindari jajanan di pinggir jalan terlebih dahulu. Atau telur ayam yang dimasak setengah matang pada kulitnya tercemar tinja ayam yang mengandung bakteri Tipes.

Untuk mencegah agar seseorang terhindar dari penyakit ini kini sudah ada Vaksin Tipes atau Tifoid yang disuntikkan atau secara minum obat dan dapat melindungi seseorang dalam waktu 3 tahun. Mintalah Dokter anda memberikan imunisasi tersebut.

Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan seperti gizi yg baik, tidur 7-8 jam/24 jam, olah raga secara teratur 3- 4 kali seminggu selama 1 jam. Bagi orang yang pernah mengalami penyakit Tipes sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Karena akan lebih mudah kambuh kembali daripada orang yang sama sekali belum menderita Tipes.

Hindarilah makanan yang tidak bersih. Cucilah tangan sebelum makan. Bagi penderita carrier (tidak menderita penyakit ini, namun dapat menyebarkan bakterinya) tetap mengkonsumsi obat.

Pengobatan

Penyakit ini tidak terlalu parah, namun sangat dapat menganggu aktifitas kita. Yang sangat dibutuhkan adalah istirahat total selama beberapa minggu bahkan bulan. Bagi orang yang sangat aktif, hal ini sangat menderita. Anda terasa tidak bisa apa-apa ( setidaknya ini yang saya rasakan ketika menderita penyakit ini).

Yang perlu diperhatikan pasca terkena Tipes adalah pola makan yang benar. Misalnya harus lunak, ya terapkan makan lunak sampai batas yang telah ditentukan dokter, kemudian makanan yang berminyak, pedas, asam, spicy hindari. Kurangi kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Kemudian untuk menjaga stamina bisa diberikan Kapsul Tapak ( sesuai ketentuan dokter) Liman 3 x 2 Kaps/hr, Kaps Daun sendok 3 x 2 Kaps.hr, dan Patikan Kebo 3 x 1 Kaps/hr. (untuk membantu mempercepat penyembuhan luka diusus akibat Typus).

Pengobatan pada penderita ini meliputi tirah baring, diet rendah serat – tinggi kalori dan protein, obat-obatan berupa antibiotika (dijelaskan pada paragraf berikutnya), serta pengobatan terhadap komplikasi yang mungkin timbul.

Obat untuk penyakit Types adalah antibiotika golongan Chloramphenikol, Thiamphenikol, Ciprofloxacin dll yg diberikan selama 7 – 10 hari. Lamanya pemberian antibiotika ini harus cukup sesuai resep yg dokter berikan. Jangan dihentikan bila gejala demam atau lainnya sudah reda selama 3-4 hari minum obat. Obat harus diminum sampai habis ( 7 – 10 hari ). Bila tidak, maka bakteri Tipes yg ada di dalam tubuh pasien belum mati semua dan kelak akan kambuh kembali.

Lupus

Apakah Lupus?
Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang dapat mengenai kulit, sendi, ginjal, paru, susunan saraf dan alat tubuh lainnya. Gejala tersering adalah bercak kulit, artritis (radang sendi) sering disertai lemah badan dan demam. Perjalanan penyakit Lupus beragam dari ringan sampai berat berselang seling kambuh dan baik. Lupus terutama diderita oleh wanita terutama pada masa subur (wanita 10 kali lebih sering daripada pria).

Apa penyebab Lupus?
Penyebab lupus masih belum ditemukan. Tetapi terdapat beberapa faktor resiko yaitu genetik (keturunan) dan lingkungan yang menyebabkan lupus. Faktor lingkungan yang diperkirakan sebagai penyebab adalah obat-obatan, racun, makanan dan sinar matahari.

Bagaimana gejala lupus?
Gejala lupus sangat beragam, oleh karena itu dokter terkadang sulit untuk mendiagnosa penyakit ini. Biasanya diawali dengan lemah badan, demam dan nyeri pada sendi dan otot. Kadang gejala ini disalahartikan dengan flu yang berulang.
Lupus dapat mengenai berbagai alat tubuh. Gejala yang dirasakan adalah:
Sistem otot dan tulang: Sakit pada sendi pada kedua sisi (kiri maupun kanan) tanpa merusak sendi. Sering mengenai tangan, lutut dan pergelangan tangan. Kadang disertai dengan rasa lemas dan nyeri pada otot.
Kulit dna rambut: Keterlibatan kulit terjadi 90% penderita lupus. Secara klasik dapat ditemukan kemerahan pada wajah (malar rash) yang dicetuskan oleh paparan sinar matahari. Selain itu juga didapati lesi diskoid pada kulit. Rambut terutama pada dahi menjadi rontok. Lesi kulit dan rambut dapat dihilangkan dengan pengobatan yang baik.
Ginjal: Kerusakan ginjal didapati pada hampir seluruh penderita lupus. Jika kerusakannya berat maka diperlukan pengobatan imunosupresif. Untuk itu penting kiranya memeriksa urin secara berkala karena stadium awal dari kerusakan ginjal ditandai dengan adanya protein dalam urin.
Jantung dan pembuluh darah: Kerusakan jantung yang diderita penderita lupus berupa cairan pada selaput jantung, vegetasi pada katup jantung, perkapuran (aterosklerosis) pada pembuluh darah dan nyeri pada ujung-ujung jari dna perubahan warna menjadi putih kebiruan jika terkena udara dingin dan emosi yang meningkat yang disebut fenomena Raynaud.
Susunan saraf: Gangguan otak, saraf dan kejiwaan didapati pada 15% penderita lupus. Kelainan dapat berupa kejang, kelemahan otot, depresi, gelisah dan stroke.
Paru: Sesak nafas yang dirasakan pada penderita lupus dapat disebabkan oleh adanya cairan pada selaput paru dan juga akibat infeksi paru (pnemonia).
Darah: Hampir setengah penderita lupus menderita anemia. Selain itu terdapat jumlah trombosit dan lekosit yang rendah daripada orang sehat. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan dan mudah terinfeksi.
Mata: Kerusakan mata jarang didapati pada penderita lupus. Kerusakan retina dapat terjadi akibat pengobatan lupus dengan menggunakan obat anti malaria (Chloroquine). Jika menggunakan obat sejenis ini maka diperlukan kontrol yang teratur ke dokter mata.

Berikut ini kekerapan gejala yang sering dialami penderita lupus:
– Nyeri sendi (95%)
– Demam (lebih dari 38 C) 90%
– Bengkak Sendi 90%
– Lemah Badan 81%
– Kemerahan pada kulit 74%
– Anemia 71%
– Kerusakan ginjal 50%
– Nyeri dada sewaktu bernafas (pleuritis) 45%
– Malar rash (bercak pada wajah) 42%
– Fotosensitif 30%
– Rambut rontok 27%
– Gangguan pembekuan darah 20%
– Fenomena Raynoud 17%
– Kejang 15%
– Sariawan 12%

Bagaimana diagnosa lupus?
Jika seseorang diduga menderita lupus, maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk membuktikan diagnosa tersebut. Pemeriksaan laboratorium juga berguna untuk memastikan alat tubuh apa saja yang terkena. Pemeriksaan yang sering dilakukan adalah antinuclear antibody (ANA) dan anti-double stranded DNA (drDNA) dan anti-smith antibodies (Sm). Pemeriksaan laboratorium akan dipadukan dengan pemeriksaan klinis dokter untuk menyatakan apakah menderita lupus atau tidak dan seberapa jauh kerusakan alat tubuh yang terjadi akibat lupus.

Apakah pencetus lupus kambuh?
Lupus dapat dicetuskan oleh paparan sinar matahari dan infeksi. Jika lupus kambuh akan timbul kemerahan pada wajah atau kulit lainnya dan kemudian terjadi pula gangguan pada alat tubuh-alat tubuh lainnya. Terkadang lupus dicetuskan oleh kehamilan dna persalinan. Oleh karena itu penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika tidak dapat menghindari paparan sinar matahari, terkena infeksi (misalnya: batuk pilek yang tidka sembuh-sembuh), sewaktu hamil dan akan menjalani persalinan.

Bagaimana mengobati lupus?
Pengobatan lupus tergantung dari berat-ringannya dan alat tubuh mana yang terkena. Untuk itu diperlukan pemeriksaan medis secara berkala. Jika terdapat gejala ringan dapat diberikan obat anti inflamasi non steroid (OAINS) dan anti malaria (seperti Chloroquine). Jika terdapat gejala yang berat dab beresiko mengancam jiwa, maka diberikan Steroid (seperti Prednison, Metilprednisolon) dan obat imunosupresif (seperti azathioprine, cyclophosphamide, mycophenolate mofetil dan cyclosporine).
Obat-obat tersebut memang berguna untuk mengobati lupus, tetapi mempunyai beberapa efek samping. Efek samping yang ditimbulkan beragam dari ringan sampai berat dan terkadang baru dirasakan setelah jangka waktu lama.

Efek samping yang sering dirasakan adalah:
– Nyeri ulu hati
– Mual dan kadang disertai muntah
– Tekanan darah tinggi
– Berat badan meningkat
– Muka menjadi bulat
– Osteoporosis
– Rambut rontok
– Meningkatnya resiko infeksi (misalnya: tuberkulosis)
Setelah perbaikan, maka dosis dan jenis oabat akan dikurangi secara bertahap.

Apa hubungan kehamilan dengan lupus?
Lupus sendiri tidka mengganggu kesuburan wanita penderitanya, namun jika salah satu obatnya mengandung siklofosfamid, maka dapat terjadi resiko infertilitas. Dibanding dengan wanita pada umumnya, penderita lupus mempunyai resiko sedikit lebih tinggi untuk terjadinya keguguran dan kematian janin dalam kandungan. Namun demikian, sebagian besar penderita dapat mempunyai anak dengan aman. Perencanaan kehamilan perlu diatur. Kehamilan diatur pada saat aktivitas lupus yang paling rendah. Kehamilan pada lupus dapat dijalani dengan aman dan tidka perlu digugurkan kecuali jika lupusnya berat dan mengenai sistem darah, ginjal atau susunan syaraf pusat. Pada saat hamil terdapat obat-obat lupus yang perlu dihindari seperti: cyclophosphamide, cyclosporine dan mofetil mycophenolate. Memang ada risiko terjaid peningkatan aktivitas penyakit lupus pada awal kehamilan dan saat persalinan tetapi pada umumnya dapat dikontrol dengan obat-obatan yang aman terhadap janin dalam kandungan. Oleh karena itu penting untuk memeriksakan diri secara berkala pada dokter kandungan dan ‘dokter lupus’.

Bagaimana hidup dengan Lupus?
Meskipun pengobatan lupus sudah mengalami kemajuan yang pesat sejak tahun 1995, namun sebagai penyakit kronis lupus dapat menimbulkan keterbatasan aktivitas atau kemampuan hidup mandiri. Penyakit lupus bersifat dinamis, dapat terkontrol namun sewaktu-waktu dapat menajdi berat. Gejala-gejala yang dialami bisa dalam bentuk ringan seperti pegal-pegal, lemas dan mengganggu aktivitas serta menurunkan kualitas hidup.Jika hal tersebut terjadi, maka jalan yang terbaik adalah menjalani ikhtiar pengobatan secara teratur, berkonsultasi dengan dokter secara aktif, dan berupaya terus mengenal dan memahami serta menjadikan lupus sebagai sahabat.
Penderita lupus dapat mengalami gangguan mental emosional seperti kecemasan, menjadi sensitif dan cepat tersinggung, depresi dan berputus asa. Untuk mengatasinya diperlukan eratnya kerjasama dokter-pasien yang baik dan dukungan dari keluarga dan teman dekat serta institusi tempatnya bekerja atau sekolah.

Tetaplah melakukan aktivitas, dan melakukan olah raga teratur yang disesuaikan dengan kondisi serta mengurangi terkena paparan terik matahari. Hal ini bisa disiasati dengan mengatur waktu olah raga, baju tangan panjang dan menggunakan topi atau tabir surya. Olah raga penting dilakukan untuk mencegah komplikasi penyakit kardiovaskuler dan osteoporosis yang diakibatkan oleh lupus dan terapi steroid.

Perlu diketahui bahwa sebagian penyandang lupus dapat hidup normal tanpa obat dengan menghindari faktor pencetus dan mengatur pola hidup sehat. Sebagian lagi dapat beraktivitas normal, namun dengan dipayungi obat-obatan untuk mengontrol aktivitas sistem imunnya. Sebagian kecil memang harus membatasi aktivitasnya sambil terus menjalani pengobatan, karena terdapat gangguan pada berbagai organ tubuh yang vital.

Kapan berkonsulatsi dengan dokter?
Selain berkonsultasi secara teratur dengan dokter, perlu diperhatikan gejala-gejala yang perlu segera dikonsultasikan, yaitu:
– Demam tinggi
– Sakit kepala hebat
– Terdapat darah pada urin
– Nyeri dada
– Sesak nafas
– Bengkak pada tungkai
– Kelemahan pada anggota gerak
– Nyeri perut yang hebat
– Nyeri sendi yang tidak biasa
– Gangguan penglihatan
– Keguguran yang berulang.

Gondok

Gondok Biasa-Goiter Nontoksik (Pengobatan Herbal)

Gondok biasa adalah pembesaran kelenjar gondok (tiroid), yaitu kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bawah pangkal tenggorokan (depan leher). Penyakit gondok dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gondok biasa dan gondok beracun (hipertiroid). Gondok biasa tidak menimbulkan gejala yang serius, tetapi jika tidak diobati lama¬kelamaan akan menjadi gondok beracun.

Penyebab
Gondok biasa disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak dapat mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh. Juga dapat terjadi karena kekurangan kadar yodium yang menyebabkan penyakit gondok bersifat endemik.

Gejala dan tanda-tanda
Pada gondok biasa, kelenjar tiroid membesar sehingga menyebabkan leher membengkak. Jika pembengkakan menekan saluran pernapasan dan saluran pencernaan, menyebabkan sulit bernapas dan susah menelan.

Pencegahan dan perawatan
1. Gunakan garam beryodium untuk mencegah gondok yang berslfat endernik.
2. Hindari makanan yang dapat mengurangi hormon tiroksin, seperti kol, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, bayam, dan stroberi.
3. Untuk gondok yang besar dan tidak mau mengecil, sebaiknya lakukan operasi.

Pengobatan herbal

Resep 1
30 g temuputih segar
10 g sambiloto kering

a. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc can hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
b. Minum 2 kali sehari.

Resep 2
30 g benalu teh kering
30 g daun dewa segar

a. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
b. Minum 2 kali sehari.

Resep 3
25 g rumput laut che chai (Porphyra tenera) atau rumput laut hai tai/kun bu (Laminaria japonica)
a. Cuci bersih bahan, masak menjadi sup.
b. Makan sampai habis.

Catatan:
Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur. Disarankan tetap konsultasi ke dokter. Rumput laut che chai dan hai tai/kun bu dapat dibeli di take obat Tionghoa.

Daftar Pustaka
Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit Oleh Prof H. Hembing W.