Tiphus/Tipes

Pengertian
Tipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus)

Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Dalam masyarakat penyakit ini dikenal dengan nama Tipes atau thypus, tetapi dalam dunia kedokteran disebut TYPHOID FEVER atau Thypus abdominalis, karena berhubungan dengan usus pada perut.

Diagnosis

Untuk mengetahui penyakit tersebut lakukan pemeriksaan laboratorium seperti :
-Terjadinya penurunan sel darah putih
-Anemia rendah karena pendarahan pada usus
-Trombosit menurun
-Menemukan bakteri salmonella typhosa pada kotoran, darah, urin
Peningkatan titer Widal

Reaksi Widal merupakan test imunitas yang ditimbulkan oleh kuman Salmonella typhi/ paratyphi, yaitu kuman yang terdapat di minuman dan makanan kita yang terkontaminasi dengan tinja orang yang sakit. Dikatakan meningkat bila titernya lebih dari 1/400 atau didapatkan kenaikan titer 2 kali lipat dari titer sebelumnya dalam waktu 1 minggu.

Pada pemeriksaan fisik dapat ditemui bradikardi (denyut melemah) relatif, pembesaran limfa, tegangnya otot perut, dan kembung. Serta, periksakanlah apakah kandung empedu anda tidak mengalami peradangan menahun karena bakteri Tipes dapat menempati kandung empedu.

Gejala

Gejala yang dialami penderita Tipes dapat diuraikan menjadi berikut ini :

- Panas badan yang semakin hari bertambah tinggi, terutama pada sore dan malam hari. Terjadi selama 7-10 hari, kemudian panasnya menjadi konstan dan kontinyu. Umumnya paginya sudah merasa baikan, namun ketika menjelang malam kondisi mulai menurun lagi.

- Pada fase awal timbul gejala lemah, sakit kepala, infeksi tenggorokan, rasa tidak enak di perut, sembelit atau terkadang sulit buang air besar, dan diare.

- Pada keadaan yang berat penderita bertambah sakit dan kesadaran mulai menurun.

Pencegahan

Penyakit Tipes dapat ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman Tipes , Salmonella typhosa, kotoran, atau air kencing dari penderita Tipes.

Bila anda sering menderita penyakit ini kemungkinan besar makanan atau minuman yang Anda konsumsi tercemar bakterinya. Hindari jajanan di pinggir jalan terlebih dahulu. Atau telur ayam yang dimasak setengah matang pada kulitnya tercemar tinja ayam yang mengandung bakteri Tipes.

Untuk mencegah agar seseorang terhindar dari penyakit ini kini sudah ada Vaksin Tipes atau Tifoid yang disuntikkan atau secara minum obat dan dapat melindungi seseorang dalam waktu 3 tahun. Mintalah Dokter anda memberikan imunisasi tersebut.

Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan seperti gizi yg baik, tidur 7-8 jam/24 jam, olah raga secara teratur 3- 4 kali seminggu selama 1 jam. Bagi orang yang pernah mengalami penyakit Tipes sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Karena akan lebih mudah kambuh kembali daripada orang yang sama sekali belum menderita Tipes.

Hindarilah makanan yang tidak bersih. Cucilah tangan sebelum makan. Bagi penderita carrier (tidak menderita penyakit ini, namun dapat menyebarkan bakterinya) tetap mengkonsumsi obat.

Pengobatan

Penyakit ini tidak terlalu parah, namun sangat dapat menganggu aktifitas kita. Yang sangat dibutuhkan adalah istirahat total selama beberapa minggu bahkan bulan. Bagi orang yang sangat aktif, hal ini sangat menderita. Anda terasa tidak bisa apa-apa ( setidaknya ini yang saya rasakan ketika menderita penyakit ini).

Yang perlu diperhatikan pasca terkena Tipes adalah pola makan yang benar. Misalnya harus lunak, ya terapkan makan lunak sampai batas yang telah ditentukan dokter, kemudian makanan yang berminyak, pedas, asam, spicy hindari. Kurangi kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Kemudian untuk menjaga stamina bisa diberikan Kapsul Tapak ( sesuai ketentuan dokter) Liman 3 x 2 Kaps/hr, Kaps Daun sendok 3 x 2 Kaps.hr, dan Patikan Kebo 3 x 1 Kaps/hr. (untuk membantu mempercepat penyembuhan luka diusus akibat Typus).

Pengobatan pada penderita ini meliputi tirah baring, diet rendah serat – tinggi kalori dan protein, obat-obatan berupa antibiotika (dijelaskan pada paragraf berikutnya), serta pengobatan terhadap komplikasi yang mungkin timbul.

Obat untuk penyakit Types adalah antibiotika golongan Chloramphenikol, Thiamphenikol, Ciprofloxacin dll yg diberikan selama 7 – 10 hari. Lamanya pemberian antibiotika ini harus cukup sesuai resep yg dokter berikan. Jangan dihentikan bila gejala demam atau lainnya sudah reda selama 3-4 hari minum obat. Obat harus diminum sampai habis ( 7 – 10 hari ). Bila tidak, maka bakteri Tipes yg ada di dalam tubuh pasien belum mati semua dan kelak akan kambuh kembali.

137 gagasan untuk “Tiphus/Tipes

    • Selamat sore Bang Tian, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda di Blog ini.
      Menanggapi hal yang bapak sadara alami, saya menyarankan saudara untuk Menghubungi nomor saya langsung supaya konsultasinya lebih lengkap sehingga dalam memberikan solusinya dapat terpercaya. Nomor HP saya: 081315099504 atau PIN BB 30931b2d. Terima kasih.

  1. saya sudah 3x menderita tipes…kata dokter liver saya juga mengalami pembengkakan…
    dan skrg saya mengalami lagi gejalanya…solusinya bagaimana ?

  2. Tahun lalu sy kena tipes y ckup parah, stelah opname 5 hr, tipes sy smbuh, tp setiap 3 blan sekali kambuh lg, dan minggu lalu sy opname lg krn tipes, dan skrng masa pemulhan, apakh ada cr lain untk bs menyembhkn nya scra total… Trimaksh

  3. umurku 25th dn saya terjangkit penyaki tipes mulai kecil, sering kali penyakit tipesku kumat, apa kira2 bisa hilang penyakit saya ini?

  4. Pak Waoli Lose, Ibu saya menderita penyakit typhus,kaena kurang biaya, ibu saya tidak ingin diopname, naah oleh dokter diberikan obat dengan nama “sanmol (paracetamol 500 mg), acran (Ranitidine 150 mg), cefat (cefadroxil 500 mg)..
    pertanyaan saya:
    1. bagaimana tanggapan bapak dengan resep yang diberikan dokter??
    (soalnya saya membandingkannya dengan obat yang dikatakan bapak yakni Kapsul Tapak ( sesuai ketentuan dokter) Liman 3 x 2 Kaps/hr, Kaps Daun sendok 3 x 2 Kaps.hr, dan Patikan Kebo 3 x 1 Kaps/hr. antibiotika golongan Chloramphenikol, Thiamphenikol, Ciprofloxacin)

    2. BOLEHKAH SAYA MEMBERIKAN POCARY SWEAT (sebgai pengganti infus) kepada IBU SAYA??

    “terima kasih atas perhatian dan jawaban yang bapak berikan” saya senang dengan adanya web/blog bapak Waoli.

  5. Ini saya sagat terbantu dengan artikel ini, anak saya lagi sakit tipes, mudah2an bisa lekas sembuh. dan nanti mau saya mintakan faksin. trimakasih artikelnya.

  6. Kira2 dr mknan y terkontaminasi tipes brp hari baru penyakit tipes,a kambuh.ank sy br saja kena tipes sy lg mereka2 mknan dr mn y dia dpt.

  7. Kira2 brp lama dari mknan y terkontaminasi tipes menjadi penykt tipes y kambud dlm bdn hingga timbul gejala2,a.krn ank sy dah dua minggu demam n kmrn br sy cek dia kena tipes,sy ingin mereka mknan dr mn y dia dpt tipes,a? Trims

  8. ,umur saya 16 tahun dan saat ini menurut pemeriksaan saya mengidap penyakit tipes namun sudah beberapa hari ini saya tidak demam lagi apa mungkin saya sudah sembuh???

  9. makasih sblm nya, minta jawabannya ya pak.
    ciri2 yg saya alami sama dgn artikel yg bapa buat.
    namun ada 1 yg saya alami tp tidak ada dlm ctatan bpa, yaitu saya sering mondar-mandir ke kmr mandi untk kencing, apa itu jg termsuk kdlm ciri2 nya pak ? Terima kasih

  10. teman sya mndrita pnyakit tipes, sudah 3 bulan lamanya, penyakit tsb apakah sdah trmasuk kronis atau tidak, dan bagaimana penyembuhannya…

  11. pagi , saya menderita typus 2 minggu yg lalu pak. dan sekarang demam saya sudah turun dan sampai saat ini saya masih mengalami beberapa keluhan seperti mual dan pusing,bagaimana ya pak cara menyembuhkan keluhan yg masih saya rasakan ini pak, mohon jawaban bpk. terima kasih

  12. penyakit tipes bagi ibu hamil apa bisa beresiko menular pada anak yang dikandungnya ? lalu kalo makan pisang tu sebenernya boleh tidak ? soalny ada yg bilang boleh ada yg bilng tidak ..

  13. menderita banget kena penyakit ini :((
    saya kira cuma demam dan sakit kepala biasa, gak taunya ditunggu-tunggu gak kunjung sembuh
    akhirnya abis ngecek darah, malah kena thypus :(

    thanks ya infonya gan :)

  14. Saya sring demam dan psing d mlm hri..
    Sya jg mdh cpek..bgtu cpek sya lgsg skit..tp pas udh mnjlang siang sya baikan…
    Bgtu trus slma ni..tp sya tdk demam trus2an
    Apkh sya pnya kmungkinan trkena tipus?

  15. Selamat siang Pak,
    Hari ini adalah hari ketiga pasca saya didiagnosa tipes dan maag oleh dokter. gejala yang saya alami kurang lebih seperti ini :
    1.Sakit kepala
    2.Rasa pegal di sekujur tubuh, lemas
    3.Rasa tidak enak di perut, mual tapi tidak bisa muntah, ingin buang air besar tapi sulit
    4.Panas, tapi tidak tinggi dan sampai hari ketiga ini tidak bertambah tinggi pada sore dan malam hari.
    5.Setelah meminum obat yang diberikan dokter, saya bisa buang air kecil sampai lima kali dalam satu jam, tapi hanya terjadipada hari pertama
    6.Kemarin saya rasa saya akan sembuh tapi hari ini lemas lagi meskipun tidak selemas hari pertama.
    Setelah membaca beberapa artikel kesehatan tentang tipes saya jadi ragu kalau saya benar kena tipes. Yang ingin saya tanyakan dengan gejala di atas apa menurut Bapak saya benar terkena tipes?
    Terima kasih

  16. 1 bulan lalu sy d rawat d RS gr2 tipes, kemudian 3 minggu kemudian, kambuh lg… setelah istirahat kerja selama hampir 2 minggu, pas masuk kerja 1 minggu, badan udah gk enak lg,,, ampunnn dah ini penyakit, padahal udah atur pola makan dan tidur serta olahraga…

  17. Pak,anak sy br opname krn tipes seminggu yg lalu. Lalu Dikasi oobat chloramphenicol selama d rmh. Kalo 6 bulan mendatang tdk kambuh lg dan hasil pemeriksaan tinjanya negatip carier tipes. Apkh itu sudah berarti sembuh total pak?

  18. sy paling takut sm dokter /pun masuk rmh sakit. Penyakit typus bs gk diobati sendiri trus untuk obat2nya bs beli diapotik / akan tetap dgn resep dokter / mungkin ada obat herbal’n. Skl lg trm ksih ats bantuan informasi’n. Risma imam

  19. pak minta solusinya..
    dua minggu yang lalu saya terkena tipes, dah rawat inap selama 4 hari sekarang dah baikkan , tapi masih suka lemes badan..
    menurut bapak itu gimana?

  20. sy ibu RT dan guru PAUD.
    saya terserang types menurut diagnosa dan hasil test darah saya widal O =1/320. H =1/320 a= (-) b=1/320 dan sdh melakukan pengobatn hingga skr hampir 1 bln, kondisi saya bknnya membaik, skr malah menurun, badan klo bergerak ato duduk terlalu lama keringat dingin keluar, dan badan lemas rasanya klo udh begitu, dan klo sore badan terasa panas dingin. hingga pagi..klo pagi kedinginan..
    apa solusinya agar sy bisa kembali bisa sehat kembali dan beraktifitas spt dulu lagi..terus terang sangat tersiksa dg keadaan spt ini..
    terimakasih..

  21. contoh penularan nya bagai mna..?
    apa kh,seandainya pemakaian 1 gelas / 1 sendok bersma penderita apa kh bisa mnyebabkn penularan,.?
    n seandainya berciuman apakah bisa mnyebab kn penularan ugak?

  22. pak, adik sy20thn dua minggu lalu dinyatakan terkema gejala tipes, setelah sembuh 1 minggu,,skrg gejala itu kmbali lg,,apakah gejala tipes bisa kmbli lg dlm wktu 1-2 minggu stlh sembuh? lalu mngenai obat bpk,,apakah ada sumber / referensi yg bs sy baca? terima kasih pak

  23. pak saya penderita tipes udah 3 tahun kok sering kambuh2 ya gimana caranya biar sembuh total, kalu keja gak bisa capek aj sedikit. pasti kambuhan. udah berapa dokter yang ngobatin obname si yang belom?

  24. Selamat Siang, Saya deman sudah 2 hari dari awal saya sakit, gejala yg saya alami Pusing, demam tinggi, lemas tetapi hari ketiga saya sudah tidak merasakan teman tinggi lagi, akan tetapi saya masih merasakan lemas,, obat yang diberikan oleh dokter adalah FARIDEXON, ALPARA, DAN CEFIXIME.. Apakah ini obat untuk penyakit types? mohon infonya?

  25. Saya baru keluar dari rumah sakit gara2 tipes.
    tapi belakangan ini saya merasakan sakit yang sangat perih diperut, apakah itu pertanda penyakitnya belum sembuh?

  26. gejala saya
    mual2, panas tidak tinggi tapi terjadi pada pagi hari, pusing, lemas, tenggorokan sakit.
    apakah itu termasuk ciri2 tipes?

  27. sayaa 3 minggu yang lalu di rawat di rumah sakit karena tipes, tetapi perut masih terasa perih, 2 minggu setelah beristirahat saya olahraga yang lumayan berat, beberapa hari sesudah badan terasa agak lemas, dan sekarang sariawan, bibir pecah pecah + sakit tenggorokkan, perut juga masih terasa mual sampai sekarang.. apa bisa kambuh lagi?

Terima Kasih kunjungan Anda, tolong tinggalkan komentar Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s